Cara Komunitas Kejar Mimpi Sukabumi Manjakan Anak-anak Berkebutuhan Khusus

Komunitas Kejar Mimpi Sukabumi berkolaborasi dengan SheShare.id menyelenggarakan kegiatan Social
SOSIAL : Komunitas Kejar Mimpi Sukabumi berkolaborasi dengan SheShare.id menyelenggarakan kegiatan Social Philanthropy Project. (foto : ist)

SUKABUMI — Komunitas Kejar Mimpi Sukabumi berkolaborasi dengan SheShare.id menyelenggarakan kegiatan Social Philanthropy Project : Parenting Sessions and Life Skill Education bersama anak berkebutuhan khusus di SLB PGRI Cimahi Girang – Sukabumi secara offline pada Sabtu (28/01/2023).

Leader Kejar Mimpi Sukabumi, Nur Asiah mengatakan Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran orang tua sebagai peran utama dalam perkembangan anaknya, juga memberikan aktivitas life skills untuk siswa di SLB PGRI Cimahi.

Bacaan Lainnya

“Kami memberikan aktivitas lifeskill seperti: membuat lilin aroma terapi, menanam bibit tanaman sebagai pembelajaran teknik wirausaha” Ujarnya.

Dalam pelaksanaannya, tim membagi kelompok peserta didik yang tiap kelompok terdiri dari 4-5 peserta didik ditambah 1 pembimbing dari komunitas Kejar Mimpi Sukabumi dan SheShares. Yang akan membimbing anak-anak dalam melakukan kegiatan tersebut.

Kemudian tim memberikan alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat lilin juga menjelaskan apa kegunaan dari alat dan bahan tersebut, lalu para pembimbing kelompok membimbing anak-anak step by step secara perlahan untuk membuat lilin aromaterapi dan mengajak anak-anak untuk menanam bibit yang sudah disediakan.

Anak-anak sangat antusias dalam pelaksanaan kegiatannya. Di samping itu, tim juga melaksanakan Parenting Sessions kepada orang tua peserta didik.

Tampil membawakan materi pada sesi Paranting ini adalah founder dari Kompetas.id, Gagat Mayang dan Founder Sheshares, Wiwied Astuti.

Menurut Wiwied, orangtua perlu tetap optimistis mendampingi tumbuh kembang anak-anak berkebutuhan khusus, seperti anak-anak lainnya. Kemampuan dan kepercayaan diri orang tua dalam pengasuhan akan memengaruhi perkembangan perilaku, emosi, dan perkembangan anak.

Pos terkait