Jantung Babi

Dahlan Iskan
Dahlan Iskan

Unsur lain yang diedit adalah: gen pertumbuhan. Kalau tidak, jantung babi yang dipasang di badan David itu akan terus tumbuh membesar. Bisa jadi rongga dada David tidak cukup lagi.

Bacaan Lainnya

Babi umur satu tahun di perusahaan itu beratnya dikendalikan agar hanya 120 Kg. Kalau dibiarkan, berat babi seumurnya bisa mencapai 220 Kg. Berarti memerlukan jantung yang lebih besar.

Sedang berat badan David tidak sampai 100 Kg. Ia tidak memerlukan jantung sebesar babi 220 Kg.

Setiap kali menulis organ babi saya selalu ingat dokter saya: Dr Kabat, Surabaya. Ia ahli paru. Ia seorang aktivis Islam. Setiap mengeluarkan resep selalu ia tulis kata ”Bismillahirrahmanirrahim” –dalam huruf Arab.

Suatu saat ia minta agar saya menyelenggarakan seminar ilmiah-keagamaan. Topiknya: mengapa ayat Quran hanya mengharamkan daging babi. “Mengapa begitu spesifik disebut ‘daging’ babi. Kok bukan babi seluruhnya,” katanya.

Waktu itu ia memberi tahu ilmu baru: hanya katup jantung babi yang bisa dipakai mengganti katup jantung manusia. “Jangan-jangan selain dagingnya babi tidak diharamkan,” kata almarhum.

Tentu saya tidak menyanggupi permintaan dr Kabat itu. Hebohnya bisa tidak ketulungan. Buang-buang energi.

David sendiri suka makan daging babi. Baginya tidak ada masalah kalau harus ada babi yang mati untuk diambil jantungnya. Toh sudah sering ada babi mati untuk ia makan dagingnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *