Babi Gadis

Dahlan Iskan
Dahlan Iskan/Net

Mestinya begitu. Setidaknya begitulah harapan saya.

Bacaan Lainnya

Editing itu dilakukan di peternakan babi, oleh perusahaan yang akan memproduksi jantung babi-edit-an. Anda bisa memesan jantung itu kelak. Setelah resmi diizinkan.

Kini belum diizinkan. Ganti jantung babi itu masih menggunakan izin ”welas asih” dari BPOM-nya Amerika, FDA. Bukan ”izin darurat” seperti penggunaan vaksin.

Jangan-jangan BPOM juga bisa punya jenis ”izin welas asih’ seperti itu untuk VakNus. Atau tidak –karena VakNus untuk masyarakat luas.

David masih harus menunggu sekitar satu bulan lagi untuk dianggap benar-benar sukses. Ancaman yang masih mungkin terjadi bukan lagi rejection. Tapi infeksi. Konsentrasi dokter untuk David sudah pindah ke ”jangan sampai kena infeksi”.

Saya pun ingat. Dokter yang melakukan transplantasi hati saya pernah mengatakan: operasinya sendiri boleh dibilang 99,99 persen akan sukses. Kuncinya setelah operasi itu: infeksi.

Tapi transplantasi jantung babi ke manusia tentu beda. Belum pernah terjadi –kecuali yang di Assam, India itu. David tahu risiko menjadi yang pertama itu. Ia, ketika memutuskan ok, mengatakan begini: “Meski ini seperti menembak dalam gelap, siapa tahu kena”.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *