Awal Sejarah VAR Digunakan di Indonesia pada LIGA 1 Persib VS Bali United

Darmawan Mukti Wibowo, Mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Indonesia.

PADA leg pertama semifinal championship series BRI Liga 1 2023/2024. Perangkat VAR baru pertama kali akan digunakan pada laga Persib vs Bali United yang akan dilaksanakan di Training Center Pantai Purnama Gianyar Bali. Penggunaan VAR merupakan upaya PSSI meningkatkan kualitas pertandingan Liga 1 di Indonesia karena pada Liga Thailand, Vietnam, dan Malaysia sudah dahulu menggunakan VAR.

Namun informasi yang didapat dari pihak Bali United, mobil VAR akan tiba di lokasi pertandingan pada Selasa 14 Mei 2024 atau pada saat hari pertandingan.
PSSI dan PT Liga Indonesia Baru sebagi operator telah menginspeksi 4 stadion yang menjadi arena pertandingan fasse gugur Championship series. Pengecekan berkaitan dengan ketersediaan sarana prasana seperti ruangan khusus, kelistirkan dan juga keamanan dalam penerapan VAR.

Bacaan Lainnya

VAR yang akan di gunakan pada awal pertandingan ini maupun seterusnya diharapkan dapat membantu kelancaran dan menghasilkan keputusan yang adil Secara garis besar, ada empat insiden dilapangan yang dapat diintervensi oleh VAR yakni gol atau tidak gol, penalty atai tidak penalti, kartu merah langsung, dan kesalahan identifikasi.

Ada 10 tambahan kamera khusus VAR. Yang bertugas dalam satu pertandingan terdiri dari 6 wasit dibantu dengan Replay Operator (RO). Anggaran yang dikeluarkan oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan bahwa anggaran untuk penggunaan VAR pada Liga ini mencapai lebih dari 100 miliar.

Pemain asing Persib Bandung asal Belanda Nick Kuipers, menyambut baik penggnaan var yang akan digunakan pada pertandingan ini. Ia menilai pengguanaan VAR diharapkan dapat menimimalisir kesalahan keputusan pengadil di lapangan. “VAR ini sesuatu yang bagus dan positif untuk sepak bola Indonesia seperti hal nya di Eropa sana, banyak kondisi penting dicek melalui VAR.” ujar Kuipers dikutip dari Antara.

Seluruh anggota tim Persib dari pemain, pelatih dan jajarannya mengikuti sosialisasi protocol penggunaan VAR dari PT Liga Indonesia Baru yang di Graha Persib, Jalan Sulanjana Kota Bandung pada Selasa 23 April 2024.

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak menjelaskan bahwa VAR yang digunakan pada liga ini bisa membuat kualitas pertandingan menjadi lebih baik atau bisa menguntungkan dan merugikan satu klub yang berlaga namun menurutnya pertandingan akan menjadi lebih adil.

Menurut pelatih Bali United Stefano Cugurra, VAR bisa membantu wasit dalam mengambil keputusan dengan cepat. “Mudah-mudahan dari VAR pertama ini, wasit bisa memimpin dengan bagus dan bisa control pertandingan. Mudah-mudahan tidak perlu waktu lama pada keputusan dari VAR.” ujar Stefano. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *