Analis : ‘Masuk Jebakan Batman’, Gaduh Di Akhir Periode Jokowi-JK

Aksi demo mahasiswa

RADARSUKABUMI.com – Ada campur tangan elite politik yang diduga ikut bermain dalam hiruk pikuk pemerintahan Joko Widodo menjelang berakhirnya periode pertama.

“Memang sulit ditepis permainan tangan-tangan elite politik. Rakyat warung kopi saja sepertinya cukup pintar untuk membaca skenario permainan pihak-pihak yang tidak mau ketinggalan ‘kereta’. Kira-kira begitu,” kata Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Studi Masyarakat dan Negara (Laksamana), Samuel F. Silaen dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Rabu (25/9).

Bacaan Lainnya

Hal itu bukan tanpa alasan. Menurutnya, empat tahun belakangan pemerintahan Jokowi hampir tak diterpa gejolak yang cukup masif. Namun hal berbeda justru terjadi menjelang berakhirnya periode 2014-2019.

Saat ini, kepemimpinan Jokowi sebagai kepala negara dinilai sedang diuji menjelang periode kedua. Ia pun menganalogikan posisi Jokowi layaknya permainan catur.

“Leadership sedang diuji untuk membawa kemenangan dalam permainan, meski harus menumbangkan ‘peluncur’ atau ‘kuda’ demi menghalau serangan musuh yang semakin merangsek ke benteng pertahanan,” urai alumni Lemhanas Pemuda tahun 2009 itu.

“Jokowi saat ini sedang masuk ke dalam jebakan ‘batman’ dari sekian kebijakan yang diambil, sehingga kelihatan tak beraturan. Jika salah langkah, maka akan semakin gawat,” tandasnya.

Dua hari belakangan, pemuda intelek dari sejumlah universitas melakukan demonstrasi dengan massa yang cukup besar di depan gedung DPR/MPR RI. Aksi serupa juga terjadi di berbagai wilayah lain, seperti Yogyakarta, Jawa Barat, hingga Sumatera. (RMOL)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *