Universitas Nusa Putra Berbagi Tips Sukses Melamar Kerja

  • Whatsapp
Head of Employee Relations & Communication PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. Gatot Prihandoko memberikan materi tips sukses saat melamar kerja pada seminar yang diadakan oleh Universitas Nusa putra melalui aplikasi Zoom Meeting.

SUKABUMI – Universitas Nusa Putra (UNP) Sukabumi bekerjasama dengan EEE Student Branch Nusa Putra University, QuBisa, dan Kormo Jobs (Google) menggelar seminar “Cara Menjadi Pemenang di Mata HRD” pada Senin, 31 Mei 2021 melalui aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan skill mahasiswa UNP, terutama dalam mempersiapkan diri sebelum melamar pekerjaan.

Dalam kegiatan ini, UNP menghadirkan Head of Employee Relations & Communication PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. Gatot Prihandoko sebagai narasumber, serta Dodi Sopandita sebagai mahasiswa terbaik Teknik Elektro UNP yang sampai saat ini sudah empat kali naik jenjang karir di salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia yang hadir sebagai welcome speech di pembukaan seminar yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Bacaan Lainnya

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UNP Muhamad Muslih menuturkan, seminar tersebut juga dalam rangka memberikan wawasan sekaligus mempersiapkan calon lulusan UNP menghadapi dunia kerja terutama di masa pandemi Covid-19 ini.

“Dalam situasi pandemi Covid-19, para pencari kerja dituntut untuk lebih keras lagi berusaha dalam mencari pekerjaan,” terang Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UNP Muhamad Muslih kepada Radar Sukabumi, baru-baru ini.

Menurut Muslih, saat menghadapi dunia kerja, seorang HRD tidak hanya menilai dari nilai IPK saja, tetapi hard skill, soft skill serta attitude saat melamar kerja. Untuk itu, dalam seminar ini akan diberikan tips dan trik dalam menghadapi wawancara.

“Para pencari kerja diharapkan untuk lebih mendalami pengetahuan tentang pentingnya softskill dan hardskill, serta pengetahuan praktis dalam menulis/menyiapkan surat lamaran dan CV yang baik,” katanya.

Sementara itu, di awal sesi, pemateri Gatot Prihandoko memaparkan dampak Pandemi Covid-19 terhadap ekonomi yang berimbas pada penerimaan calon pelamar pekerja yang semakin ketat. “Mahasiswa atau alumni yang sedang mencari pekerjaan, harus siap akan keadaan ini,” imbuhnya.

Selanjutnya Gatot juga menerangkan, transisi dari dunia kuliah ke dunia kerja, seperti bangun pagi dan berpakaian rapi, tidak ada titip absen, tidak ada uang bulanan dari orang tua, berkumpul dengan beragam orang dari budaya dan usia berbeda, waktu luang tinggal weekend, dan tidur siang terbatas.

Mengutip quoto dari Tan Malaka yang berbunyi: “Tujuan pendidikan itu untuk mempertajam kecerdasan, memperkukuh kemauan serta memperhalus perasaan”. Mempertajam kecerdasan bermaksud pada kemampuan pendidikan, keahlian, dan talent. Untuk memperkukuh kemauan serta memperhalus perasaan maksudnya adalah kemauan berupa attitude, willingness, dan motivasi.

Adapun ada lima tips yang bisa membuat calom pelamar kerja sukses saat diwawancara HRD, diantaranya pertama kemauan berupa integritas, etika, cerita apa adanya, menunjukkan kesopanan, penuh tatakrama, dan mengakui ketidaktahuan.

Kedua, kemampuan berupa penguasaan bidang.

Ketiga, kemauan berupa antusias dengan semangat luar biasa dan menginspirasi, menunjukkan optimis, realistis, dan mampu melihat peluang.

Keempat, kemauan yang berupa “harus bisa”, selalu ingin berusaha dan mencoba, tidak kalah sebelum bertanding, dan mampu mencari cara-cara baru, kreatif, dan innovatif.

Kelima, kemauan yang tidak ada habisnya, maju terus pantang mundur, dari tidak mungkin menjadi mungkin.

|”Intinya adalah tunjukkan kemampuan dan kemauan, sehingga HRD bisa melihat kita sebagai winner. Dalam sesi wawancara HRD, pelamar harus menjabarkan pendidikan, keahlian, talent, attitude, willingness, dan motivasi ini. Cerita-cerita tersebut harus berhubungan, dapat dipercaya, akan menjadi nilai plus bagi pencari kerja,”pungkasnya. (wdy)

Pos terkait