Lewat Penelitian Energi Terbarukan, Tim PKM Nusa Putra Raih Pendanaan Dikti

  • Whatsapp
Tim PKM Nusa Putra Raih Pendanaan Dikti

SUKABUMI– Mahasiswa Universitas Nusa Putra berhasil menjadi penerima pendanaan Program Kreatifitas  Mahasiswa (PKM) 5 Bidang tahun 2021 dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal  Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Diketahui Program Kreatifitas Mahasiswa merupakan program tahunan yang digelar oleh Direktorat Pembelajaran  dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Digelar dalam rangka memandu mahasiswa untuk  menjadi pribadi yang tahu aturan, taat aturan, kreatif, inovatif, dan objektif kooperatif dalam membangun  keragaman intelektual.

Bacaan Lainnya

Proposal dengan judul Perancangan Rumah Sederhana Nol Energi Berbasis Energi Terbarukan Lokal (Studi  Kasus Wilayah Sukabumi Selatan), yang dibuat oleh tim yang beranggotakan 3 orang mahasiswa yaitu Ludiana  mahasiswa Program Studi Teknik Mesin, Herwan Setiawan (Teknik Mesin) dan Fahmi Fauzi mahasiswa prodi  Teknik Elektro Kampus Universitas Nusa Putra menjadi salah satu dari ratusan proposal yang lolos pendanaan  program tersebut.

Ketua tim, Ludiana, mengatakan pada kegiatan PKM kali ini timnya mengajukan proposal riset terkait potensi  energi terbarukan di Kabupaten Sukabumi, khususnya wilayah Sukabumi Selatan.

“Pada riset yang diajukan, saya  bersama teman-teman akan merancang pembangkit berbasis energi terbarukan yang paling tepat untuk wilayah  Sukabumi Selatan, dimana pembangkit ini diharapkan dapat menyuplai listrik untuk kebutuhan rumah sehingga  dapat mewujudkan rumah mandiri energi,” terangnya.

Sementara itu, dosen pendamping Tim PKM Nusa Putra Mukhlis Ali, menambahkan ide proposal diajukan oleh  mahasiswa merupakan bentuk upaya memberi solusi atas keprihatinan mahasiswa terhadap kondisi listrik  masyarakat yang kurang stabil terutama di wilayah Sukabumi Selatan.

Kemudian dari kepedulian tersebut  Mukhlis yang juga sebagai dosen Prodi Teknik Mesin di Universitas Nusa Putra ini mengarahkan agar mahasiswa  mau melirik potensi pemanfaatan energi terbarukan di wilayah Sukabumi yang punya potensi cukup baik terutama  di daerah Selatan.

” Data dari Global Solar Atlas dan Global Wind Atlas menunjukkan adanya potensi energi surya dan angin yang  cukup memadai untuk dikembangkan. Oleh karena itu perlu penelitian lebih lanjut agar ditemukan rancangan  pembangkit yang tepat,” imbuhnya.

Keberhasilan mahasiswa Universitas Nusa Putra meraih pendanaan PKM dari Dikti ini pun meraih sambutan  hangat dari universitas Nusa Putra.

Mereka mengaku amat bangga dan mengucapkan selamat atas raihan prestasi  mahasiswanya itu. Seperti yang disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Muhammad  Muslih.

Menurutnya PKM sudah mulai menjadi tradisi tersendiri bagi mahasiswa Universitas Nusa Putra, PKM tahun ini  pun menjadi tahun ketiga PKM Nusa Putra meraih pendanaan Dikti secara secara berturut-turut.

“Proposal PKM mahasiswa mampu lolos pendanaan Dikti, apalagi persaingan di tingkat nasional semakin ketat.  target kedepat untuk PKM kita akan mulai melakukan persiapan lebih awal. Akan ada rangkaian persiapan di  tingkat prodi dan universitas yang akan dimulai sejak bulan Juli sampai periode pengusulan di sekitar bulan  Februari tahun depan,” tuturnya.

Selain itu, perlu adanya kegiatan workshop dan coaching clinic untuk dosen pendamping PKM dan mahasiswa  yang akan dipandu langsung oleh reviewer PKM tingkat nasional.Ia pun berharap dengan persiapan yang lebih  baik, akan lebih banyak lagi proposal PKM mahasiswa yang bisa lolos mendapatkan pendanaan dari Dikti  tersebut. (wdy)

Pos terkait