Simak! Ini Peluang Kerja yang Menerima Lulusan dari Semua Jurusan

Peluang Kerja yang Menerima Lulusan
Peluang Kerja yang Menerima Lulusan dari Semua Jurusan

SUKABUMI— Bingung pilih jurusan dan tidak punya gambaran akan bekerja sebagai apa setelah lulus nanti? Itu menjadi suatu hal yang wajar bila kamu ingin mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan pilihan.

Penasaran apa saja contoh pekerjaan yang membuka peluang untuk semua jurusan kuliah? Ayo, simak penjelasan berikut ini:

Bacaan Lainnya

1. Wartawan

Tertarik untuk kuliah di jurusan ilmu komunikasi? Berarti kamu sudah siap menjadi seorang wartawan. Jurusan ini lekat dengan mata kuliah yang bersinggungan dengan dunia jurnalistik.

Mahasiwa ilmu komunikasi memperoleh pelajaran mengenai cara menulis artikel dan memproduksi berita. Tidak hanya itu, di jurusan ini juga akan diajarkan cara berkomunikasi yang baik, yang secara tidak langsung akan meningkatkan kemampuan komunikasi maupun keterampilan menulis.

Salah satu prospek kerja lulusan jurusan ilmu komunikasi adalah menjadi seorang wartawan.

Selain harus berpendidikan minimal S1, biasanya salah satu syarat untuk bisa lolos menjadi wartawan adalah memiliki kemampuan berbahasa lisan ataupun tulisan yang baik, punya rasa peka, responsif, tanggap, kritis, agresif dan bisa dipercaya.

Setelah diterima, kamu pun biasanya akan mendapatkan training untuk menjadi wartawan yang sesuai standar. Namun, menjadi wartawan atau jurnalis nggak harus lulusan dari jurusan Komunikasi atau Jurnalistik saja.

Sementara itu, Anjar Munanjar selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) Penyiaran Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menjelaskan, Prodi Penyiaran memiliki mutu dan unggul dalam menghasilkan tenaga ahli madya yang professional, kreatif, kompetitif dan berjiwa kewirausahaan berbasis teknologi komunikasi dan informasi.

Menurutnya, hal tersebut juga ditunjang dengan kualitas dosen yang memiliki reputasi akademik serta pengalaman luas dibidang komunikasi dan teknologi penyiaran dengan menghasilkan karya ilmiah dan cipta inovatif.

2. Marketing

Ketika kamu memutuskan mengambil program studi Manajemen, banyak prospek kerja yang menanti. Salah satu bidang manajemen yang memiliki prospek kerja yang luas adalah manajemen pemasaran. Kerjaan yang menantinya adalah sebagai seorang marketer, yang bergerak dalam bidang strategi, planning, konsep promosi, pricing, branding produk atau jasa.

Prospek pekerjaan lain yang berhubungan dengan manajemen adalah Marketing. Seorang Marketing dapat dikatakan sebagai ujung tombak sebuah perusahaan karena berhubungan dengan operasional perusahaan dalam memasarkan produk dan jasa kepada konsumen. Bidang ini sangat menarik dan memiliki potensi pekerjaan yang begitu besar. Jadi tak heran banyak pelajar yang memutuskan untuk kuliah marketing.

Prospek pekerjaan lain di bidang manajemen adalah menjadi seorang Customer Service. Banyak banget perusahaan yang membutuhkan jasa customer service, mulai dari perbankan, perusahaan telekomunikasi, bahkan perusahaan startup yang saat ini sedang berkembang pesat. Customer Service merupakan gerbang dari sebuah pelayanan perusahaan. Untuk itu, profesi ini menuntut kamu untuk mampu menghadapi pelanggan dengan baik.

Menjadi Marketing dan Customer service tidak membutuhkan background pendidikan khusus. Asalkan kamu memiliki kemampuan negosiasi yang baik, mampu meyakinkan orang lain, ulet, tekun, dan tangguh, kamu bisa menjadi sales yang baik. Kamu pun harus terus berkreasi mencari cara kreatif untuk memasarkan produk. Jika kamu punya bakat di sana, maka yakinlah rezeki akan mengalir untuk kamu.

3. Content Creator

Ingin berkarir sebagai content creator? Banyak yang bilang, “Jadi content creator itu keren, karyanya dikenal jutaan orang!”.

Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, content creator artinya “pembuat konten”. Konten yang dimaksud bisa berupa teks, audio, gambar, video, atau menggabungkan keempatnya menjadi sebuah karya yang ciamik. Tentu saja, membuat konten nggak semudah membuat mie instan. Kamu memerlukan waktu, tenaga, biaya, dan yang paling penting adalah ilmu.

Di dunia pendidikan, ada satu jurusan yang erat dengan pembuatan konten, yaitu jurusan Broadcasting. Di beberapa kampus, jurusan Broadcasting sering disebut Penyiaran atau Mass Communication. Ada yang termasuk ke dalam peminatan Ilmu Komunikasi, dan ada juga yang berdiri menjadi jurusan sendiri. Tapi, kamu nggak perlu pusing, karena keduanya sama-sama mendalami teknik menghasilkan konten yang menarik.

Untuk menjadi seorang content creator juga tidak membutuhkan background pendidikan tertentu. Kamu hanya perlu memiliki kreativitas, kemampuan riset, dan juga komunikasi yang baik. Kamu juga harus memiliki keahlian dalam menggunakan tools untuk mengedit gambar, video, foto, dan lainnya.

4. Pegawai Administrasi

Menjadi seorang pegawai administrasi yang menangani administrasi sebuah perusahaan bisa dilakukan oleh lulusan semua background pendidikan, selama kamu punya sifat yang teliti, cermat dan rapi.

Posisi ini bertanggung jawab untuk mengatur dokumen, menyimpan, mencatat, dan lainnya. Jika kamu akan banyak menghabiskan waktu di balik meja untuk menyelesaikan semua pekerjaan yang berhubungan dengan pengarsipan.

Namun jika kamu yang mengambil Jurusan Administrasi Perkantoran, kamu akan belajar tentang pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan di suatu organisasi (perusahaan atau kantor). Tugas administrasi perkantoran yang kita pelajari di Jurusan Administrasi Perkantoran misalnya manajemen kearsipan, korespondensi, teknologi informasi, dan masih banyak lagi.

Ilmu yang kamu pelajari di Jurusan Administrasi Perkantoran membekali kamu dengan kemampuan manajerial, komunikasi, mengelola organisasi, berpikir strategis, bahkan matematika. Mahasiswa Jurusan Adminitrasi Perkantoran belajar mata kuliah Mengetik Elektronik, Stenografi, Praktik Komputer, Praktik Mengetik dan Simulasi Kantor, Manajemen Komplain, dan berbagai mata kuliah Administrasi Perkantoran yang lain.

5. Blogger

Suka nulis? Punya bakat me-review sesuatu dan menuangkannya dalam bentuk tulisan? Di era informasi saat ini, profesi blogger menjadi lahan yang menggiurkan. Blogger merupakan individu yang suka berbagi bagian dari kehidupannya dengan menulis sebuah tulisan yang kemudian di posting dalam blog mereka. Postingan blog mereka bisa memuat berbagai topik mulai dari seni, desain, olahraga, politik, kesehatan, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa mengawalinya dengan membuat blog dan menuliskan apapun yang menjadi minat dan ketertarikan kamu. Bagikan pengalaman yang kamu punya dengan orang lain dan dapatkan keuntungan dari tulisanmu.

6. Pegawai bank

Siapa bilang untuk menjadi pegawai bank atau banker atau pegawai bank harus dari lulusan Ekonomi? Hampir semua lulusan dari semua jurusan bisa menjadi pegawai bank. Misalnya, saat mencari posisi teller di sebuah bank, yang mereka minta hanya syarat seperti usia maksimal, memiliki tinggi dan berat yang proporsional, punya skill komunikasi yang baik, dan status single. Banyak bank juga memiliki program training yang menerima lulusan dari berbagai jurusan untuk mengisi berbagai posisi strategis.

Namun dengan jurusan ekonomi syariah, lulusan dari jurusan ini sangat memungkinkan untuk bekerja di bank syariah. Beberapa tahun ini sudah banyak bank syariah yang ada di indonesia dan hal ini memungkinkan lulusan ekonomi syariah untuk bekerja di bank syariah. Sama seperti halnya dengan lulusan manajemen, lulusan ekonomi syariah akan ditempatkan pada posisi yang sama.

Nah, itu dia beberapa ulasan terkait peluang kerja yang menerima lulusan dari semua jurusan.

Jika kamu ingin kuliah sesuai dengan jurusan tersebut, kamu dapat kuliah di Universitas BSI (Bina Sarana Informatika).

Rektor Universitas BSI, Dr Ir Moch Wahyudi menuturkan, Universitas BSI memiliki beberapa fakultas, untuk Fakultas Teknik & Informatika terdapat jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (S1), Ilmu Komputer (S1), Teknologi Informasi (S1), Sistem Informasi (D3 & S1), Teknik Industri (S1), Sistem Informasi Akutansi (D3) dan Teknologi Komputer (D3).

Bagi kamu yang tertarik kuliah Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas BSI, kamu dapat memilih jurusan seperti, Sastra Inggris (S1), Ilmu Komunikasi (S1), Bahasa Inggris (D3), Hubungan Masyarakat (D3), Penyiaran/Broadcasting (D3) dan Periklanan/Advertising (D3).

Sementara itu, di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas BSI, menyediakan jurusan Akuntansi (D3 & S1), Manajemen (S1), Administrasi Perkantoran (D3), Administrasi Bisnis (D3), Perhotelan (D3) dan Manajemen Pajak (D3).

“Kami senang jika para pelajar Indonesia dan calon mahasiswa, bisa bergabung dan memilih Universitas BSI sebagai tempat selanjutnya untuk melanjutkan pendidikan. Sebagai kampus yang berbasis teknologi, kami juga sudah menerapkan digitalisasi dari segala aspek. Mulai dari pengajaran, pembayaran dan lainnya,” katanya, saat diwawancarai lewat pesan WhatsApp, Kamis (19/5).

Segera daftarkan diri sekarang untuk kuliah di Universitas BSI, yang sudah membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB). PMB Universitas BSI untuk perkuliahan periode September 2022 sudah buka, dan masuk pada gelombang 3 yang akan berakhir pada 7 Juni 2022 mendatang.

Informasi pendaftarannya bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama dengan mengunduh aplikasi PMB-UBSI di PlayStore secara gratis atau melalui website https://bsi.pmbonline.id/. Selain itu, kuliah di Universitas BSI bisa dengan cicilan melalui aplikasi Danacita.(*/wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan