Beasiswa Universitas BSI Dukung Perluasan Akses Pendidikan Tinggi Bagi Generasi

  • Whatsapp

SUKABUMI – Kampus yang telah berkiprah lebih dari 33 tahun di Indonesia, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) cukup dikenal oleh masyarakat melalui slogannya yang khas, yaitu “Kuliah…??? BSI Aja!!”. Lebih dari tiga dekade, Universitas BSI memberikan pelayanan pendidikan tinggi bagi masyarakat melalui kampus-kampus yang tersebar di berbagai penjuru negeri.

Tidak hanya memberikan pelayanan pendidikan, kampus Universitas BSI juga berkomitmen untuk mendukung program pemerintah dalam rangka perluasan akses dan peningkatan minat belajar mahasiswa dengan menyediakan berbagai macam program beasiswa. Beasiswa yang diberikan kampus Universitas BSI tentu memberikan dukungan bagi masyarakat agar dapat melanjutkan pendidikannya hingga ke jenjang perguruan tinggi.

Bacaan Lainnya

Beasiswa yang ada di kampus Universitas BSI ini ditangani oleh Tim Beasiswa UBSI yang lokasi kantornya berada di Gedung Rektorat UBSI, Jl Kramat Raya No. 98, Kwitang, Senen, Jakarta Pusat.

Indarti, kepala tim beasiswa kampus Universitas BSI mengatakan jumlah beasiswa yang diberikan cukup banyak. Pada semester Gasal tahun ajaran 2020/2021, kampus Universitas BSI telah menyerahkan lebih dari 2.370 beasiswa kepada mahasiswanya.

“Beasiswa ini terdiri dari beasiswa yang berasal dari internal yaitu Yayasan BSI (Bina Sarana Informatika), maupun dari sumber eksternal yaitu pemerintah dan lembaga-lembaga lain yang bekerja sama dengan kampus Univeristas BSI,” ujarnya dalam rilis yang diterima, Rabu (3/3).

Salah satu beasiswa yang diberikan oleh kampus Universitas BSI yaitu beasiswa KIP-Kuliah, yang menjadi salah satu bagian dari Program Indonesia Pintar (PIP) dari pemerintah dan merupakan kelanjutan dari beasiswa Bidikmisi.

“Sebanyak 253 pelajar dengan status keluarga kurang mampu dari seluruh Indonesia berkesempatan melanjutkan studinya ke jenjang perguruan tinggi di tahun ajaran 2020/2021 melalui beasiswa KIP-Kuliah yang ada di kampus Universitas BSI,” katanya.

Ia menjelaskan pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia juga memberikan dampak bagi dunia pendidikan. Banyak mahasiswa dan orang tua mahasiswa yang mengeluh kesulitan membayar biaya kuliah karena terdampak pandemi.

Untuk itulah pemerintah meluncurkan beasiswa Bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT)/ Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP). Pada semester Gasal tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 1.087 mahasiswa kampus Universitas BSI merasakan manfaat dari beasiswa ini sehingga meringankan beban mahasiswa dalam membayar biaya kuliah.

“Selain menyalurkan beasiswa dari pemerintah, kampus Universitas BSI juga memberikan beasiswa dari sumber internal yaitu dari Yayasan BSI (Bina Sarana Informatika). Program beasiswa yang ditawarkan sangat beragam, seperti Beasiswa Prestasi Akademik, Beasiswa Prestasi Non Akademik, Beasiswa Kompetensi (BIKOM), dan Beasiswa Talenta,” jelasnya.

Bahkan kampus Universitas BSI bekerja sama dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) melalui program Beasiswa POLRI yang diberikan UBSI kepada mahasiswa yang menjadi anggota POLRI.

“Pemerintah daerah dan berbagai lembaga lainnya turut menyalurkan beasiswa melalui kampus Universitas BSI. Beasiswa tersebut seperti beasiswa Pemerintah kota Bekasi, beasiswa Pemerintah Kabupaten Karawang dan beasiswa Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS),” ungkapnya.

Melalui berbagai program beasiswa itu, kampus Univeristas BSI mendorong mahasiswa untuk terus meningkatkan prestasinya, baik dari sisi akademik maupun non akademik. Berbagai kejuaraan yang diraih oleh mahasiswa kampus Univeristas BSI di bidang olahraga, seni dan budaya pun mendapat apresiasi dari UBSI dengan pemberian beasiswa prestasi non akademik bagi mahasiswa yang memenangkan kejuaraan.

“Selain itu, beasiswa yang diberikan oleh kampus Universitas BSI tentu membantu masyarakat yang masuk dalam kategori kurang mampu agar mendapatkan kesempatan belajar hingga jenjang perguruan tinggi.

Seperti dengan adanya beasiswa KIP-Kuliah, mahasiswa penerima beasiswa ini mendapatkan 100% gratis biaya kuliah hingga lulus, serta mendapatkan bantuan biaya hidup yang dapat digunakan untuk menunjang keperluan selama mengikuti perkuliahan. Semoga beasiswa yang diberikan dapat bermanfaat bagi mahasiswa dan menjadi motivasi bagi mahasiswa untuk terus berprestasi,” tutupnya. (*/wdy)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *