Tradisi SDN Dewi Sartika CBM Sukabumi, Khatam Quran di Bulan Suci Ramadan 

SDN Dewi Sartika CBM Kota Sukabumi
Kepala SDN Dewi Sartika CBM Nana Mulyana dan guru-guru melaksanakan kegiatan Khotmil Quran di sekolah pada, Sabtu (15/4/2023).

SUKABUMI – Selama bulan suci Ramadan SDN Dewi Sartika CBM, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi menggelar kegiatan pembelajaran keagamaan bernuansa pesantren.

Adapun kegiatan diawali dengan salat Dhuha bersama kemudian dilanjut dengan kegiatan tadarus Al-quran.

Bacaan Lainnya

Adapun kegiatan Tadarus Al-Quran dilaksanakan oleh siswa kelas 4,5 dan 6 beserta seluruh guru, staf TU dan juga kepala sekolah.

“Alhamdulillah tahun ini kami berhasil mengkhatamkan Al-Quran 30 juz bersama-sama para guru dan juga siswa, ” terang Kepala SDN Dewi Sartika CBM Nana Mulyana saat dijumpai Radar Sukabumi, Sabtu (15/4/2023) sore.

Menurutnya kegiatan Khatam Quran ini merupakan sudah menjadi tradisi wajib bagi para siswa dan guru selama bulan puasa.

Menurutnya, tadarus Al-Qur’an adalah salah satu rangkaian kegiatan yang dipilih untuk menumbuhkan rasa disiplin dan cinta para pelajar kepada Al qur’an. Kegiatan Tadarus ini juga diharapkan melatih rasa disiplin para siswa.

Adapun kata Nana melanjutkan, kegiatan Sanlat tahun ini bertema SDN Dewi Sartika CBM Berilmu, Berahlak Mulia. Dimana hal itu menjadi program SDN Dewi Sartika CBM di pensantren kilat Ramadhan (Sanlat) tahun 1444 H untuk membentuk pribadi yang berilmu dan berahlak mulia.

Kegiatan Sanlat yang digelar selama riga hari yakni pada 13-15 April 2023 juga melibatkan semua guru yang ada di SDN Dewi Sartika CBM.

“Untuk kegiatannya kita salat dhuha berjamaah kemudian mendengarkan materi keagamaan dan diakhiri dengan Khatam Al-Quran dan memang kalau tadarusan khusus untuk bulan Ramadhan, dan kalau sholat dhuha sudah menjadi rutin dilaksanakan di sekolah ini,” katanya.

Ditargetkan dari kegiatan ini agar siswa-siswi membiasakan diri membaca Al-Quran ini sebagai rasa cinta dengan alquran dan kemudian para pelajar pun dapat secara langsung memaknai dari kandungan isi alquran tersebut.

Sementara itu, guru PAI di SDN Dewi Sartika CBM, Jajat Sudrajat menambahkan kegiatan khatam Al Quran tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya acara khatam Quran dibarengi dengan buka puasa bersama para siswa namum tahun ini buka bersama hanya dilaksanakan oleh guru-guru saja.

“Tadinya ada rencana untuk khatam Quran dilaksanakan sore hari bersama siswa dan guru dibarengi bukber. Namun karena ada surat himbauan dari Disdik Kota Sukabumi untuk tidak melaksanakan bukber di sekolah atau di luar sehingga kami membatalkan acaranya, jadi untuk khatamnya untuk siswa itu di pagi hari dan sore dilakukan oleh guru-guru di sekolah sambil acara silaturahmi sebelum libur lebaran, ” ucapnya.

Lanjut Jajat menambahkan, kegiatan tadarus dimulai dari awal masuk sekolah di bulan Ramadhan sampai berakhir khatam 30 Juz 30 hari Sabtu, (13/4/ 2023). Setiap hari siswa dan guru membaca Al Qur’an satu juz, yang di akhiri dengan pesantren kilat dengan menambahkan wawasan kepada siswa.

Adapun kegiatan tadarusan ini bertujuan untuk menanamkan kebiasaan khususnya kepada siswa agar senang, suka dan terbiasa membaca Al-Quran pasalnya dengan membaca Al-Quran hati akan senang dan akan menambah kecerdasan pada otak. Selain itu dengan membaca Al-Quran insya Allah di Yaumal Khiyamah akan menjadi menolong bagi yang membacanya.

Kemudian untuk para guru, kegiatan tadarus Al-quran juga untuk mempelajari kembali apakah bacaan kita sama dengan yang sebenarnya sehingga sama sama saling mengkoreksi bacaan kita agar tidak salah makna, karena Al-Quran itu jika salah baca, salah huruf maka akan salah juga maknanya.

“Targetnya ini menjadi pembiasaan rutin setiap harinya bukan hanya saat bulan puasa saja tetapi setelah puasa siswa tetap rajin membaca Al-quran dan penanaman karakter selama mengikuti kegiatan sanlat juga bisa tertanam di diri siswa sehingga menjadi pribadi yang lebih baik lagi,” pungkasnya. (wdy)

Pos terkait