Lagi, Siswa SMAN 1 Sukabumi Wakili Indonesia ke Jepang

YEC SMAN 1 Sukabumi
BANGGA: Muhammad Alfa dan Pembina YEC SMAN 1 Sukabumi Betti Karliati berfoto, usai terpilih menjadi Duta CFP Nasional yang akan mewakili ke Jepang pada November 2023.

SUKABUMI – Siswa SMA Negeri 1 (SMANSA) Sukabumi kembali membuat bangga di kancah internasional. Sebab salah satu siswanya yaitu Muhammad Alfa terpilih mewakili Indonesia mengikuti kegiatan Organization for Industrial, Spiritual and Cultural Advancement (OISCA) di Jepang untuk mempresentasikan program-program Children’s Forest Program (CFP) yang ada di Indonesia, pada November 2023 mendatang.

Pantauan Radar Sukabumi, OISCA sendiri merupakan suatu organisasi International nir laba yang berpusat di Jepang dan memiliki banyak cabang yang tersebar di berbagai negara terutama di kawasan Asia Pasifik dan Amerika latin. Salah satunya di Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan semangat dan budaya berkarya pada masyarakat dunia, khususnya pada masyarakat negara – negara berkembang.

Bacaan Lainnya

OISCA bergerak dalam bidang pelatihan pertanian, peternakan dan keterampilan lain, penghijauan, pendidikan lingkungan hidup di sekolah-sekolah.

Muhammad Alfa atau yang akrab disapa Alfa tersebut, sebelumnya meraih Juara 1 Duta Lingkungan Hidup Anak Nasional sehingga ia pun terpilih untuk mewakili Indonesia ke Jepang.

“Tentu sangat senang, namun saya masih harus bekerja keras karena, ada tanggung jawab yang harus saya pegang yang mewakilkan sekolah bahkan Indonesia, masih banyak proses yang harus saya lewati, tentu intinya saya tidak akan cepat puas sampai disini aja,” ucap siswa kelas 11 tersebut kepada Radar Sukabumi, Kamis (17/8).

Saat ini, ia pun sedang mempersiapkan keberangkatannya ke Jepang yang rencananya akan di berangkat pada November tahun ini.

“Untuk persiapan mungkin saya akan belajar lebih tentang bahasa Inggris dan juga Jepang dan juga saya mempersiapkan budaya Indonesia yang akan saya tampilkan untuk studi banding, dan juga mungkin cendramata khas Indonesia yang akan saya bawa kesana terutama dari Jawa Barat,” imbuhnya.

Guru Pembimbing Betti Karliati mengungkapkan rasa bangga sekaligus bahagia, lantaran salah satu siswanya berhasil lolos berangkat ke Jepang.

“Saya sangat senang sekali ada siswa SMAN 1 Sukabumi yang bisa mewakili ke Jepang, mudah-mudahan bisa menimba ilmu selama disana sehingga bisa menerapkan dan membagikan ilmunya kepada teman-teman yang ada di sini dan semakin Istiqomah dalam menjaga lingkungan,” ungkapnya.

Adapun kegiatan Duta CFP sendiri merupakan program dari OISCA Jepag untuk mengadakan seleksi Duta CFP dengan wilayah yang memang sudah di tentukan. Seperti, untuk tingkat SD seleksi di adakan di wilayah Madura, sedangkan untuk seleksi tingkat SMP dilakukan untuk wilayah Demak dan untuk jenjang SMA dilakukan di wilayah Sukabumi.

“Seleksi SMA diadakan melalui dua kali tahapan dengan sekolah yang mengikuti SMA yang g tergantung dalam kegiatan CFP OISCA ada 3 sekolah yang ikut seleksi yaitu SMAN 1 Sukabumi, SMK Plus Alfarhan dan SMAN Warung Kiara,” jelasnya.

“Harapanya dengan siswa kami yang akan berangkat ke Jepang bisa meningkatkan pengetahuan dan pengalaman dalam bidang lingkungan melalui kegiatan edukasi-edukasi yang akan dilakukan ke sekolah-sekolah yang tergabung dalam program CFP yang ada di Sukabumi serta diharapkan dapat menanamkan rasa cinta terhadap lingkungan dihati anak-anak sejak dini sesuai degan tujuan dari program CFP,” pungkasnya. (wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *