Ini Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Calon Pengusaha

Jurusan Kuliah
Ilustrasi Jurusan Kuliah

SUKABUMI — Tertarik menjadi seorang pengusaha? Bagi kebanyakan orang menjadi pengusaha menjadi pilihan utama. Pasalnya, mereka punya kesempatan yang lebih besar, untuk dapat menjadi seorang miliuner.

Sebagian orang mungkin bertanya apakah untuk menjadi seorang pengusaha perlu kuliah? Untuk memperluas wawasan dan mengembangkan usahanya, seorang pelaku usaha tentu perlu belajar. Dalam mendukung hal tersebut, tentu dibutuhkan pengetahuan terkait dengan usaha yang akan dijalankan.

Namun, apakah artinya harus berkuliah di jurusan-jurusan yang terkait dengan usaha? Tentu saja tidak! Pada kenyataannya, ada banyak jurusan yang meskipun tidak berhubungan dengan keuangan, namun mendukung kamu untuk membuka bisnis.

Penasaran dengan jurusan tersebut, ini beberapa pilihan jurusan yang berhubungan dengan pengusaha.

1. Akuntansi

Dalam menjalankan semua bisnis, sudah pasti membutuhkan ilmu akuntansi bukan? Dengan pemahaman yang baik akan ilmu akuntansi, seseorang akan lebih pandai dalam mengelola keuangan bisnis yang ia bangun. Contohnya, menentukan harga pokok dan harga jual produk, menyajikan laporan keuangan dan menghitung tingkat keuntungan usaha serta pengembangannya.

Banyak kasus menunjukkan bahwa sebuah bisnis, bangkrut sebelum berkembang karena pengelolaan dan pencatatan keuangannya yang amburadul.

Oleh sebab itu, kamu tidak akan rugi kalau kamu kuliah di Jurusan Akuntansi. Selain bisa meniti karier sebagai seorang akuntan di berbagai perusahaan nasional maupun multinasional, kamu juga punya modal ilmu untuk mengembangkan bisnismu sendiri suatu saat nanti.

Bisnis bidang apa? Apa saja karena sejatinya ilmu akuntansi dapat diterapkan di semua bidang!

2. Manajemen

Dalam menjalankan dan mengelola usaha, tentu diperlukan pengelolaan manajemen yang baik. Tanpa manajemen yang baik, dipastikan usaha yang dijalankan tidak akan sukses.

Tidak dipungkiri, pebisnis pemula sering mengalami kegagalan akibat ketidaktahuan tentang pentingnya manajemen, pada usaha yang sedang mereka bangun. Sehingga usaha yang dijalankan sekadarnya saja.

Dengan memilih jurusan manajemen, kamu akan memiliki bekal ilmu manajemen. Dengan berbekal Ilmu manajemen kamu bisa jadi CEO yang memimpin bisnismu sendiri. Kamu pun akan lebih memahami bagaimana menyusun strategi bisnis, melakukan pemasaran, mengelola SDM, hingga mengelola keuangan.

Lulusan seorang Manajemen, selain punya modal untuk jadi entrepreneur sukses, lulusan ini juga bisa meniti karier di perlbagai perusahaan sebagai manajer keuangan & investasi, manajer marketing, manajer produksi, manajer SDM atau terjun sebagai researcher serta konsultan bisnis andal.

3. Ilmu Komunikasi

Jurusan ilmu komunikasi, selain berhubungan dengan jurusan marketing communication juga berkaitan dengan ilmu komunikasi-broadcasting . Untuk jurusan ilmu jurusan marketing communication, merupakan cabang ilmu komunikasi yang mempelajari berbagai strategi dalam mengomunikasikan suatu produk, organisasi, perusahaan, atau bahkan individu pada khalayak.

Ilmu Marketing Communication juga sangat diperlukan buat modal bagi seorang entrepreneur. Kamu akan belajar hal-hal yang berkaitan dengan pemasaran, branding, teknik negosiasi, hingga cara berkomunikasi dalam bisnis yang menciptakan nilai tambah secara kreatif bagi perusahaan. Tentunya, pengetahuan akan hal-hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk mempromosikan produk atau jasa yang dihasilkan.

Kalau kamu ingin punya bisnis sendiri, kamu bisa juga menekuni bidang event organizer, fotografi dan videografi, mengembangkan channel YouTube, digital agency dan lain sebagainya.

Sementara itu, bagi kamu lulusan Ilmu Komunikasi-Broadcasting, kamu dapat membangun usaha di bidang lain mulai dari fotografi dan videografi, event organizer, atau production house. Namun, bagi kamu yang belum percaya diri kamu, dapat meniti karier menjadi jurnalis, penyiar televisi atau radio, broadcaster, editor, maupun produser. Bisa juga bekerja di bidang advertising atau event organizer.

4. Sistem Informasi

Di prodi ini, kamu akan belajar gimana mengidentifikasi kebutuhan dan proses bisnis perusahaan, berdasarkan data-data yang dimiliki perusahan, kemudian merancang sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Mengambil Jurusan Sistem Informasi, kamu bisa menjalani profesi sebagai software developer, game developer, system analyst, database administrator, data analyst, data scientist dan sebagainya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan