200 Sekolah Bisa Berubah dengan Praktik Baik

AKTIF: Sejumlah siswa berani tampil dan mempromosikan sekolahnya

BATANG HARI, RADARSUKABUMI.com – Tanoto Foundation saat ini sedang gencar mendampingi sekolah-sekolah negeri di Kabupaten Batang Hari, Jambi melalui program Pintar. Program Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran ini sudah dilaksanakan di 26 sekolah dan madrasah.

Lewat program ini Tanoto Foundation mendorong sekolah- sekolah untuk menjalankan praktik baik dengan cara belajar siswa yang aktif dan berani tampil. Termasuk juga meningkatkan peran guru dalam meningkatkan keaktifan siswanya.

Bacaan Lainnya

Menurut Stuart Weston, Direktur Program Pintar, pihaknya mendorong pemerintah daerah agar bersama mewujudkan praktik baik di sekolah di Batang Hari lainnya.

“Ini baru ada 26 sekolah yang bekerja sama dengan Tanoto Foundation. Kami berharap 200an sekolah lainnya di sini untuk bisa mewujudkan praktik baik seperti ini,” tutur pria asal Inggris tersebut.

Tokoh dari Tanoto Foundation yang menjadi inisiator CBSA alias cara belajar siswa aktif ini juga menunjukan kekagumannya saat anak-anak dari perwakilan 26 sekolah itu dengan berani menunjukkan bakat mereka dengan berani di depan umum.

“Ada yang menunjukkan bagaimana caranya proses terjadinya hujan dengan alat peraga. Termasuk membuat batik dari Jambi. Hebat, mereka berani mempresentasikan itu. Itu tanda siswa aktif,” imbuh Stuart.

Pria murah senyum itu juga tak segan -segan mengunjungi stan 26 sekolah dalam showcase Tanoto Foundation yang memamerkan hasil karya anak – anak di sekolah.

“Di Batang Hari ini ada 32 fasda atau fasilitator daerah yang mengikuti pelatihan bersama kami. Ada guru, dosen, juga orang tua. Mereka ini nanti yang akan bimbing sekolah- sekolah untuk menjalankan praktik baik,” tutur Stuart yang sudah fasih berbahasa Indonesia.

Melalui kerja sama dengan Dinas Pendidikan Batang Hari, Jambi dan pemda setempat diharapkan, akan semakin banyak sekolah yang menunjukkan perkembangan baik dari cara belajar aktif.

(flo/jpnn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan