Perjalanan Bayer Leverkusen Juara Bundesliga Tanpa Sekalipun Kalah

Bayer Leverkusen juara Bundesliga 2023/24 tanpa kekalahan. (X @bayer04_en)
Bayer Leverkusen juara Bundesliga 2023/24 tanpa kekalahan. (X @bayer04_en)

JAKARTA — Bundesliga atau Liga Jerman musim 2023/24 sudah berakhir, Minggu 18 Mei 2024. Bayer Leverkusen sebagai juara mencatat rekor istimewa.

Bayer Leverkusen menutup kiprahnya di Bundeliga musim ini dengan mengalahkan Augsburg 2-1 di BayArena, Minggu malam WIB. Kemenangan pada laga pekan terakhir (34) itu menyempurnakan pencapaian anak asuh Xabi Alonso musim ini: juara Bundesliga tanpa kekalahan.

Bacaan Lainnya

Leverkusen sendiri sudah menyegel gelar juara Bundesliga 2023/24 sejak pekan ke-29, 14 April 2024 dengan melibas Werder Bremen 5-0. Itu adalah gelar juara Bundesliga pertama bagi Leverkusen sepanjang sejarah klub.

Capaian mentereng Granit Xhaka cum suis terus berlanjut dengan menghindari kekalahan dalam lima laga sisa. Sehingga total dari 34 pertandingan Liga Jerman yang dijalani musim ini, Bayer Leverkusen mencatat 28 kemenangan, enam kali imbang dan tidak pernah kalah.

Itu merupakan rekor di Bundesliga, karena belum pernah ada juara kompetisi ini sebelumnya yang tidak terkalahkan dalam satu musim. Termasuk klub langganan juara Bundesliga, Bayern Munich tidak pernah sesempurna ini.

Saat ini, hanya empat klub di lima liga top Eropa yang jadi juara tanpa tersentuh sekalipun kekalahan, sejak kompetisi Eropa diperkenalkan. Empat klub istimewa itu antara lain AC Milan ketika menjuarai Liga Italia musim 1991/92, Arsenal ketika juara Liga Inggris 2003/04.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *