LIGA INGGRIS

Liverpool Juara Premier League, Southampton Dapat Uang Segar Dari Kompensasi Transfer

RADARSUKABUMI.com – Liverpool sudah menjawab investasi satu dekade Fenway Sports Group (FSG) dengan trofi juara Premier League. Sejak membiayai Liverpool pada Oktober 2010, FSG menggelontorkan EUR 1,01 miliar (Rp 16,2 triliun). Dana sebanyak itu dipakai untuk mendatangkan pemain yang menjadi bagian dari skuad juara Liverpool musim ini.

Namun, begitu sukses menjuarai Premier League, ternyata klub-klub yang pernah mendapat uang segar dari Liverpool sepanjang satu dekade terakhir masih menerima kompensasi lagi. Dilansir Daily Mail, beberapa klub diketahui akan mendapat kompensasi dari penjualan para pemain ke Liverpool.

Southampton, Arsenal, Hull City, dan Charlton Athletic disebut-sebut sebagai klub yang menerima benefit dari kesuksesan The Reds –julukan Liverpool– itu. ’’Uang kompensasi yang dibayar Liverpool sesuai dengan isi klausul kontrak pemainnya,’’ tulis Daily Mail. Klausul juara Premier League itu terdapat dalam kontrak tujuh anak buah Juergen Klopp.

Yakni, Virgil van Dijk, Sadio Mane, Adam Lallana, Dejan Lovren (Southampton), Alex-Oxlade Chamberlain (Arsenal), Andy Robertson (Hull), dan Joe Gomez (Charlton). Belum ada penjelasan nominal yang bakal diterima empat klub tersebut. Hanya, kompensasi kepada Southampton dinilai paling banyak.

Nominal kompensasinya diklaim mencapai GBP 3 juta (Rp 52,7 miliar). Bahkan, laman Daily Star menyebut total kompensasi untuk empat klub itu bisa mencapai GBP 10 juta (Rp 175,7 miliar). Meski begitu, Southampton tetap paling beruntung karena telah membubuhkan klausul juara Premier League bagi pemainnya.

Tak hanya GBP 3 juta, tahun ini klub berjuluk The Saints tersebut juga berpeluang mengeruk keuntungan dari penjualan VvD, akronim nama Van Dijk. Mereka bisa menambah GBP 4 juta (Rp 70,2 miliar) begitu bek yang termasuk berharga termahal di dunia tersebut mampu mencatat 150 laga bersama Liverpool.

Keberuntungan The Saints itu mengingatkan pada kecerdikannya ketika memasang klausul unik dalam kontrak Chambo, sapaan akrab Chamberlain. Saat itu Chambo masih bermain di The Gunners, julukan Arsenal. Dalam klausulnya tersebut, Arsenal harus membayar GBP 10 ribu (Rp 175,69 juta) tiap kali Chambo dimainkan dalam 20 menit atau lebih.

Namun, tidak diketahui klausul seperti apa yang dimasukkan Arsenal pada musim panas 2017. Chairman Liverpool Tom Werner menyatakan, jajarannya akan tetap mengucurkan uang besar untuk menjaga keberlangsungan klub. ’’Seperti kami membangun klub ini dengan sekelompok pemain hebat,’’ sebut Werner dalam laman resmi klub.

Kemarin WIB (27/6) dalam wawancara dengan salah satu media terbitan Jerman, Bild, Klopp mengungkapkan ketertarikannya kepada bomber muda Borussia Dortmund Jadon Sancho. ’’Jersey merah mungkin bagus untuknya (Sancho). Dia pemain menarik. Tetapi, aku pikir itu tak akan terjadi musim panas ini. Jika dia pindah ke Liverpool, itu akan mengejutkan,’’ tutur Kloppo, sapaan akrab Klopp.

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button