Tribun Stadion JIS Roboh, Jakmania Angkat Bicara

Pagar pembatas penonton JIS
Pagar pembatas penonton JIS ambruk saat Grand Launching JIS

JAKARTA — Grand Launching Jakarta Internasional Stadion (JIS) yang di adakan pada pukul 16.30 WIB, Minggu, 24 Juli 2022 sempat mengalami kecelakaan kecil yang terjadi di tribun penonton.

Sekitar pukul 5 sore, tribun penonton yang berada di sisi Utara roboh, diduga karena tidak kuat menahan beban suporter Persija Jakarta, The Jakmania. Melihat peristiwa tersebut, Ketua Umum The Jakmania, Dicky Sumarno angkat bicara. Menurutnya, JIS yang berlokasikan di Jakarta Utara ini masih perlu dilakukan evaluasi dan banyak persiapan terkait fasilitasnya.

Bacaan Lainnya

“ini pertama kali kita nyoba di sini artinya yang saya bilang banyak yang harus disiapkan. Katakanlah di Gelora Bung Karno (GBK) udah ada staggernya sedangkan di sini belom,” ujar Dicky Sumarno saat konferensi pers, Minggu, 24 Juli 2022, malam.

Ia pun mengatakan kepada pihak PT Jakpro terkait masalah tersebut untuk dijadikan bahan evaluasi sekaligus pembelajaran mengingat penonton bola memiliki karakter yang berbeda dari penonton biasa pada umumnya.

“Jadi pelajaran juga buat Jakpro, pak Widi, karena karakter penonton bola beda ya sama masyarakat pada umumnya. Kita bisa 100 kali lipat energinya buat nonton. Saya harap ini jadi pelajaran yang bagus untuk kita semua,” kata Dicky.

“Untung pas grand launching bukan pas liga mulai, kalau enggak persija udah didenda,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Dicky menuturkan bahwa insiden robohnya pagar pembatas di JIS bukanlah dari Rombongan The Jakmania Liar (Rojali). Ia pun menegaskan bahwa Rojali sudah tidak.

“Masalah rojali enggak ada. Itu semua anggota kita. Hari ini kuota kita ada 40.000 dan antusianya teman-teman luar biasa. Sedangkan anggota aktif kita sekarang ada 102.768 orang,” tuturnya.

Pos terkait