Temui Dubes USTR, Mendag: Sinergi Indo-Pasifik dengan ASEAN Dukung Ekonomi Kawasan

Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi
Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi melakukan pertemuan bilateral dengan Duta Besar United States Trade Representatives, Katherine Tai di Bangkok, Thailand, Sabtu (21 Mei 2022).

Di sisi lain, Dubes Tai mengatakan keterlibatan Indonesia dan ASEAN sangat penting dalam IPEF, maka ia mengajak Indonesia untuk bergabung dalam kerja sama tersebut. Dubes Tai juga berharap dapat mengembangkan cakupan kerja sama yang lebih luas dengan ASEAN melalui TIFA. Dubes Tai juga mengajak Indonesia untuk bergabung dalam Joint Services Initiatives on Domestic Regulation. Ia juga menyampaikan akan menindaklanjuti permintaanIndonesia untuk kembalimendapatkan Generalized System of Preference(GSP).

Bacaan Lainnya

Total perdagangan Indonesia–AS pada periode Januari—Maret 2022 tercatat sebesar USD 10,16 miliar. Nilai ini meningkat 29 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2021 yang tercatat sebesar USD 7,88 miliar.

Sementara itu pada 2021, perdagangan Indonesia dengan AS tercatat sebesar USD 37,02 miliar dengan ekspor Indonesia ke AS sebesar USD 25,77 miliar dan impor Indonesia dari AS sebesar 11,25 miliar. Dengan demikian, Indonesia surplus perdagangan terhadap AS sebesar 14,52 miliar.

Pada 2021, komoditas ekspor unggulan Indonesia ke AS adalah minyak kelapa sawit, krustasea hidup, alas kaki, ragam krustasea dan moluska, serta furnitur. Sementara itu, komoditas impor unggulan Indonesia dari AS adalah bahan bakar minyak, kacang kedelai, vaksin, residu pati (residues of starch manufacture), dan tepung.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *