Survei ARSC Sebut Masyarakat Puas Penanganan Pandemi dan Pemulihan Ekonomi Pemerintah

Menteri Koordinator  Bidang Perekonomian (Menko) Airlangga Hartarto saat melakukan pertemuan dengan   Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese
APRESIASI : Menteri Koordinator  Bidang Perekonomian (Menko) Airlangga Hartarto saat melakukan pertemuan dengan   Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese di Jakarta, Senin (6/06) malam.(foto : ist)

JAKARTA — Lembaga survei Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC) merilis survei soal tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hasil survei menemukan, mayoritas masyarakat mengaku puas dengan kinerja penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi nasional yang dilakukan pemerintah.

Program Manajer ARSC Bagus Balghi menuturkan, sebanyak 58,9 persen dari 1.225 responden mengaku puas dengan kinerja penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi di bawah kepemimpinan Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto.

Bacaan Lainnya

“Masyarakat cenderung puas terhadap upaya pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi, sebesar 58,9 persen,” tutur Bagus dalam rilis hasil survei ARSC, Rabu (20/7/2022).

Bagus menambahkan, jumlah responden yang mengaku tidak puas terhadap upaya pemerintah menangani pandemi dan pemulihan ekonomi hanya di angka 37 persen. Sisanya, sebanyak 3,3 persen responden menjawab tidak tahu, dan 0,8 persen tidak bersedia menjawab.

Tingkat kepuasan responden terhadap kinerja pemerintah dalam penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi ini selaras dengan tingginya tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Jokowi.

ARSC menemukan tingkat kepuasan terhadap kinerja Pemerintahan Presiden Jokowi mencapai 56,3 persen.

“Demikian pula dengan kepuasan terhadap kinerja pemerintah Jokowi periode kedua, relatif tinggi sebesar 56,3 persen,” ujar Bagus.

Menariknya, survei ini juga menunjukkan mayoritas profil responden bekerja sebagai ibu rumah tangga. Dalam profil jenis pekerjaan responden, sebanyak 23,7 persen merupakan ibu rumah tangga.

Jenis pekerjaan terbesar kedua dan ketiga yang digeluti responden dalam survei ini yakni, wiraswasta/pengusaha sebanyak 22,8 persen, dan karyawan swasta sebanyak 22,2 persen dari 1.225 responden.

Pos terkait