Sirkuit Mandalika Tetap Hujan Meski Ada Pawang, BMKG Ungkap Penyebabnya

Hujan deras terjadi saat balapan MotoGP
Hujan deras terjadi saat balapan MotoGP di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), sore tadi. (istimewa)

LOMBOK — Hujan deras terjadi saat balapan MotoGP di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), sore tadi. Padahal Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) telah melakukan modifikasi cuaca di sekitar sirkuit. Selain itu, dikerahkan pula pawang hujan.

Kepala Pusat Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Fachri Radjab mengatakan, wilayah Lombok hari ini memang diselimuti oleh awan-awan hujan. Sehingga hujan tak dapat dihindari.

Bacaan Lainnya

“Kalau ditinjau dari analisis dinamika atmosfer, memang kondisi atmosfer di atas pulau Lombok hari ini banyak terdeteksi adanya awan-awan hujan,” kata Fachri saat dihubungi JawaPos.com, Minggu (20/3).

Fachri menjelaskan, pertumbuhan awan-awan hujan ini disebabkan oleh tingginya suplai uap air yang terbentuk oleh daerah pertemuan angin. Karena banyaknya awan hujan tersebut, membuat hujan tetap turun.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan