Pemimpin Ideal Menurut Al-Qur’an, Din Syamsudin : Tidak Gemar Berbohong

  • Whatsapp
Din Syamsudin
Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsudin/Net

JAKARTA — Kriteria pemimpin ideal yang diharap mampu mengarahkan pada kebersamaan cita-cita dan tujuan suatu bangsa dan negara adalah yang berdasarkan kitab suci Al-Quran.

Begitu disampaikan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsudin, dalam pengajian virtual Majelis Tabligh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Ngawi, Jawa Tengah, Minggu (5/9).

Bacaan Lainnya

Din Syamsudin menjelaskan, tipe pemimpin ideal menurut Islam dan Al-Quran telah dipersonifikasikan, ditampilkan dan dinyatakan oleh Allah Swt dalam diri Nabi Muhammad SAW.

“Beliaulah pemimpin agung, pemimpin ideal yang memenuhi kriteria Al-Quran,” ujar Din Syamsudin dikutip melalui laman PP Muhammadiyah, Rabu subuh (8/9).

Dari situ, Din Syamsudin mengatakan bahwa untuk mencari sosok yang ideal bisa dicari dari ayat-ayat Al-Quran, dan juga bisa dipahami serta dipelajari melalui teladan sosok seorang Rasulullah SAW.

“Yang tadi disebut Alquran sebagai uswatun hasanah,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Din Syamsudin menyebutkan empat ciri sifat Rasulullah yang bisa menjadi tauladan semua orang untuk memilih seorang pemimpin. Yakni di antaranya jujur, amanah, cerdas, dan transparan.

Kriteria itu, menurutnya, adalah ukuran untuk menentukan apakah pemimpin itu termasuk ideal atau tidak. Namun yang paling utama kata Din Syamsudin adalah kejujuran atau As-Sidqu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *