HUT TNI ke-75, Jokowi: TNI Telah Bekerja Keras Memutus Penularan Covid-19

  • Whatsapp
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Twitter)

RADARSUKABUMI.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji TNI yang dalam lima tahun terakhir telah melakukan transformasi organisasi. Transformasi organisasi yang dimaksud adalah gabungan dari TNI AD, AL dan AU yang telah membentuk satuan organisasi baru.

Seperti organisasi tempur baru di antaranya Divisi III Kostrad, Komando Operasi III AU, Armada III AL, dan Pasukan Marinir ke-3. Selanjutnya kekuatan gabungan TNI, terutama tiga Kogabwilhan dan tiga Skuadron AU dan Satuan Siber TNI‎.

Bacaan Lainnya

“Dalam lima tahun terakhir, TNI melakukan transformasi organisasi secara signifikan dengan pembentukan satuan-satuan organisasi baru,” ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (5/10).

Transformasi organisasi ini dilakukan untuk membuat TNI semakin kuat dalam menghadapi tantangan ke depan. Sehingga terus kokoh dalam mengawal bangsa ini.

“Pembentukan satuan organisasi baru TNI ini merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk terus melakukan transformasi organisasi TNI agar TNI terus kokoh dalam menjalankan perannya,” katanya.

‎Menurut Jokowi, sejak awal reformasi, telah banyak transformasi organisasi yang dilakukan TNI untuk memastikan militer bisa adaptif dengan ancaman pasca perang dingin. “Terutama ancaman-ancaman non-konvensional dan transnasional dan memastikan TNI mengadopsi perkembangan teknologi militer terkini berbasis teknologi informasi, teknologi nano dan teknologi automisasi,” ungkapnya.‎

Jokowi awalnya mengatakan mengenai musuh besar yang dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini, yakni Covid-19. Musuh ini telah menimbulkan efek luar biasa karena semua masyarakat terdampak.

“Seluruh dunia, termasuk kita di Indonesia, kini berkubang dalam perang melawan Covid-19, musuh tak kasatmata yang memorak-porandakan hampir semua tatanan kehidupan,” tulis Presiden Jokowi.

Jokowi pun mengapresiasi ‎karena TNI telah bekerja keras untuk membantu pemerintah dalam mendisiplinkan masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Peran TNI ini, kata Jokowi, telah memutus angka penularan Covid-19 di tanah air.

“Di tengah suasana itu, kita patut memberi apresiasi yang tinggi kepada TNI atas berbagai perannya dari membantu mendisiplinkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan, ikut menegakkan aturan di daerah-daerah yang menerapkan PSBB, sampai menjalankan operasi kemanusiaan dalam upaya menghentikan penyebaran virus Covid-19,” katanya.

Oleh sebab itu, Presiden Jokowi mengucapkan selamat kepada prajurit militer di seluruh Indonesia yang hari ini merayakan ulang tahunnya ke-75 tahun. “Dirgahayu TNI. Teruslah menjadi tentara profesional dan menjadi kebanggaan rakyat,” pungkasnya.‎

(jpc)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *