Ini 5 Syarat Honorer Ikut Seleksi CPNS dan PPPK Sesuai SE Menpan RB

Mahfud MD
Mahfud MD, Plt Menpan RB

JAKARTA – Pelaksana Tugas (Plt) Menpan RB Mahfud MD mengeluarkan surat edaran (SE) tentang pendataan tenaga non-ASN. Selain pendataan, SE ini juga mengatur syarat honorer ikut seleksi CPNS dan PPPK. Syarat honorer ikut seleksi CPNS dan PPPK tertuang dalam SE Menpan RB Nomor B/ISII IM SM.01.OO/2022 tertanggal 22 Juli.

SE Menpan RB ini merupakan tindaklanjut dari surat sebelumnya yang menyatakan status kepegawaian hanya ada PNS serta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) sampai dengan 28 November 2023.

Bacaan Lainnya

Di dalam SE Menteri PANRB tertanggal 22 Juli, Mahfud MD mengingatkan para pejabat pembina kepegawaian (PPK) melakukan penataan honorer agar ada kejelasan status, karier dan kesejahteraan pegawai non-ASN bersangkutan.

Mahfud mengatakan honorer yang telah bekerja di lingkungan instansi pemerintah dalam jangka waktu paling lama lima tahun bisa diangkat menjadi PPPK apabila memenuhi persyaratan sebagaimana diatur dalam PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK.

Oleh sebab itu, setiap PPK diminta melakukan pemetaan honorer di lingkungan instansi masing-masing. “Bagi yang memenuhi syarat bisa diikutsertakan atau diberikan kesempatan mengikuti seleksi CPNS maupun PPPK,” tegas Mahfud MD dalam suratnya.

Adapun syarat honorer ikut seleksi CPNS dan PPPK sebagai berikut:

1. Berstatus honorer K2 yang terdaftar dalam database Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan pegawai non-ASN yang telah bekerja pada instansi pemerintah.

Pos terkait