Waspada TBC, Lapas Sukabumi Sterilkan Kamar Hunian

Lapas Kelas IIB Sukabumi
Sejumlah warga binaan Lapas Kelas IIB Sukabumi saat mendapatkan edukasi kebersihan kamar hunian, Minggu (8/4).

SUKABUMI — Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sukabumi, menggalakan kebersihan kamar hunian untuk mencegah terjadinya penularan penyakit Tuberculosis (TBC). Pasalnya, sejauh ini terdapat 10 orang suspect TBC dan tujuh orang diantaranya masih dalam proses pengobatan.

Kepala Lapas Kelas IIB Sukabumi, Christo Victor Nixon Toar mengatakan, Lapas Kelas IIB Sukabumi terus berupaya menggalakan edukasi kebersihan kamar guna mencegah penyakit menular seperti TBC dan Scabies.

Bacaan Lainnya

“Kami juga kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Sukabumi melalui Puskesmas Pabuaran untuk pemberian obat TBC nya, selain itu edukasi tentang TBC dan kebersihan kamar tetap digalakkan,” kata Christo kepada Radar Sukabumi, Minggu (8/4).

Menurutnya, semuanya hasil dari tes TBC, kebanyakan para warga binaan ini sudah terpapar TBC sejak dari luar Lapas. Namun, karena tidak diobati dan ada juga yang putus obat sehingga kembali kambuh.

“Jadi sebelum masuk Lapas, warga binaan ini sudah terpapar TBC segingga ketika di dalam penyakitnya kembali kambuh sebab tidak diobati dan ada juga yang putus obat,” bebernya.

Karena itu pada hari ini, lanjut Christo, warga binaan diarahkan untuk membersihkan satu kamar hunian agar terhindak dari berbagai penyakit menular.

“Ya, untuk hari ini baru satu kamar yang dibersihkan dan akan berlanjut pada hari berikutnya,” ujarnya.

Pihaknya menghimbau, seluruh warga binaan agar dapat menjaga kesehatan dan kebersihan sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit menular khususnya TBC.

“Kami harap, dengan berbagai upaya yang dilakukan dapat menekan terjadinya penyebaran penyakit menular tersebut,” pungkasnya. (bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.