Sukabumi Diguyur Hujan Deras, 22 Kejadian Bencana Alam Terjadi: Banjir hingga Jembatan Putus

Relawan PMI Kota Sukabumi saat memantau Jembatan Merah Baros yang berpotensi terjadi banjir akibat luapan air Sungai Cisuda, Jumat (7/10).

SUKABUMI, RADAR SUKABUMI – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Sukabumi menyebabkan sejumlah kejadian bencana alam, Jumat (7/10). Berdasarkan laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi pukul 20.31 WIB, tercatat 22 kejadian bencana alam.

Dari 22 kejadian bencana alam tersebut, yang paling menyita perhatian adalah jembatan penghubung putus di Gang Jayaniti, Kampung Babakan Jampang, RT 01/10, Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi.

Menurut keterangan warga sekitar bernama Dindin Henriyana, jembatan tersebut putus karena terjadi longsor pada bagian tempat penahan tanah (TPT) yang tak kuat menahan arus air sungai.

“Untuk korban tidak ada, hanya mengancam tiga rumah warga, “kata Didin, Jumat (07/10).

Akibat kejadian tersebut, jalan lingkungan tersebut tidak bisa dilalui masyarakat, dirinya menyarankan untuk warga yang ingin melintas disarankan untuk menggunakan jalur perumahan prana atau gang Samsi.

“Semoga longsor tidak meluas,” tandasnya.

Sementara itu, sejumlah unsur relawan gabungan terlibat dalam penanganan kejadian bencana alam. Salah satunya PMI Kota Sukabumi. Pengurus Bidang Pengembangan Sumber Daya (PSD) PMI Kota Sukabumi Fawzy Ahmad mengatakan, seluruh unsur relawan dikerahkan dalam membantu penanganan bencana alam yang terjadi akibat hujan deras dengan durasi yang lama.

“Salah satu titik yang juga menjadi konsentrasi relawan adalah Jembatan Merah Baros. Karena titik ini pernah kejadian banjir yang luar biasa hebat. Jadi relawan kami memantai debit air Sungai Cisuda,” kata Fawzy.

Selain itu, lanjut Fawzy, relawan PMI juga terlibat dalam evakuasi pohon tumbang yang terjadi di Jalan Kampung Cikundul Girang, RT 01 RW 07, Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu.

Adapun unsur relawan yang dikerahkan seperti SIBAT (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat), Satgana, KSR hingga pengurus PMI Kecamatan. “Kami sifatnya menjadi bagian yang turut dan membantu penanganan kebencanaan. Tentunya lewat koordinasi BPBD Kota Sukabumi pula. Alhamdulillah, semua berjalan lancar,” ujar Fawzy.

“Setelah ini, kami juga akan melakukan asesmen di titik-titik kebencanaan yang tingkat kerusakannya parah. Seperti jembatan di Gang Jayaniti,” sambungnya memungkas. (izo)

BERIKUT DAFTAR KEJADIAN BENCANA ALAM DI KOTA SUKABUMI, JUMAT, 7 OKTOBER 2022

1. JALAN AMBLAS Lokasi Jl. Selakaso RT 03 RW 02 Kel Babakan Kec Cibeureum
2. LONGSOR Samping Rumah, Lokasi RT 01 RW 08 Kel. Benteng
3. JEMBATAN PUTUS Lokasi GG jayaniti, Kp Babakan Jampang RT 01 RW 10 Kel. Cisarua Kec. Cikole
4. LONGSOR Ujung Jembatan, Lokasi di RT 04 RW 01 Kel. Karang Tengah Ciseureuh
5. TPT LONGSOR Lokasi RT005 RW013 Kel. Cisarua

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *