PZU KL Sukabumi Bantu Korban Rujukan Gempa Cianjur

PZU kantor Layanan sukabumi
Kepala PZU kantor Layanan sukabumi, Dadang Samas saat menyerahkan bantuan kepada panitia pengumpulan donasi di RSUD R Syamsudin SH, Rabu (30/11).

CIKOLE – Pusat Zakat Umat (PZU) Kantor layanan Sukabumi kembali menyalurkan bantuan untuk korban bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur. Kali ini, bantuan tersebut ditujukan kepada para korban yang mendapatkan perawatan di RSUD R Syansudin SH Kota Sukabumi.

Di mana, dari data yang dihimpun Radar Sukabumi, hingga Senin 28 November 2022, ada 95 orang yang mendapatkan rujukan ke RSUD R Syamsudin SH dengan rincian, lima orang meninggal dunia, pasien pulang 30 orang dan 60 orang yang masih dalam perawatan.

Bacaan Lainnya

Kepala PZU kantor Layanan sukabumi, Dadang Samas mengatakan, bantuan yang diberikannya ini merupakan kali kedua, setelah sebelumnya di lakukan langsung bersama tim Siaga Bencana Persis ke lokasi kejadian.

Untuk bantuan kepada korban rujukan ini lebih terfokus kepada bantuan fasilitas tempat tinggal, yang mana para korban rujukan ini rata-rata kondisi rumahnya rusak total. “Kita serahkan beberapa terpal dan alas tidur bagi para korban,” ujar Dadang kepada Radar Sukabumi, Rabu (30/11).

Menurut Dadang, pemberian bantuan ini sesuai permintaan para korban yang banyak mengajukan permintaan terpal dan alas tidur.

“Ya, kita dapat laporan, kalau korban rujukan yang sudah bisa pulang, sering mengeluhkan bantuan terpal dan alas tidur. Jadi kita fokuskan kesana dan menurut mereka (korban) untuk logistik sudah banyak,” tambahnya.

Sementara itu sebelumnya, PZU KL Sukabumi melakukan penggalangan dana dari jamaah Persatuan Islam dan warga yang peduli akan nasib sesama. Dalam penggalangan dana yang dilakukan dalam beberapa hari itu, PZU Sukabumi sudah bisa mengumpulkan sekitar Rp 40 juta yang hasilnya langsung disalurkan kepada korban bencana dibeberapa titik lokasi.

“Alhamdulillah, amanah yang diberikan donatur langsung kita sampaikan melalui posko-posko resmi di lokasi bencana,” ujar Kepalan PZU kantor Layanan sukabumi, Dadang Samas kepada Radar Sukabumi, belum lama ini.

Diterangkan dia, untuk rincian donasi tersebut dengan memberikan sembako, alat mandi, kebutuhan bayi, sarana ibadah seperti sarung, mukena, serta kebutuhan lainnya. “Kita berikan sesuai kebutuhan para korban. Di mana sebelumnya, kita melakukan maping dan koordinasi dengan relawan yang ada di lapangan,” terang dia.

Tidak hanya bantuan berupa materi yang dikumpulkan dari para donatur, pihaknya juga menerjunkan relawan dari Siaga Bencana Persis, untuk turut membantu evakuasi dan distribusi bantuan. Di mana, bantuan tersebut akan disalurkan ke sejumlah wilayah yang terdampak bencana gempa.

Dadang berharap, berbagai bantuan yang diberikan ini bisa bermanfaat bagi para korban serta menjadi amal soleh bagi para donatur yang selalu memberikan sedikit rezekinya. “Kita pun mengucapkan terima kasih kepada para muzaki (orang yang berinfak) yang sudah mempercayakan PZU Sukabumi sebagai lembaga penyaluran zakat infaq dan sodaqah,” katanya.

Diakuinya, meski PZU Sukabumi dibawah naungan Persatuan Islam (Persis), namun pihaknya tidak menutup akses bagi warga lain yang ingin mendonasikan hartanya melalui PZU Sukabumi. “Kami memiliki komitmen untuk berkhidmah kepada umat dan menyalurkannya pun sesuai ketentuan syariat,” akunya.

Untuk diketahui, penggalangan dana masih terus dilakukan hingga berita ini diterbitkan. Bagi mmasyarakat atau pun donatur yang ingin menyumbangkan kelebihan rezekinya bisa langssung datang ke kantor PZU KL Sukabumi di Jalan RH Didi Sukardi Kecamatan Citamiang nomor 40 atau bisa juga melalui Rekening PZU KL Sukabumi pada bank BSI dengan nomor 3899784310. (cr4/t).

Pos terkait