Polsek Gunungpuyuh Sukabumi Sisir Pedagang, Antisipasi Keracunan Makanan

Polsek Gunungpuyuh Sukabumi
Sejumlah personel Polsek Gunungpuyuh saat menyambangi pedagang yang menjajakan dagangan di beberapa kawasan SDN Brawijaya, Jalan Brawijaya Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi.

GUNUNGPUYUH – Sejumlah personel Polsek Gunungpuyuh Polres Sukabumi Kota, menyambangi pedagang yang menjajakan dagangan dibeberapa kawasan sekolah.

Hal itu, dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengnatisipasi adanya pedagang di Kota Sukabumi yang menggunakan cairan nitrogen pada pangan siap saji yang saat ini tengah ramai dibicarakan.

Bacaan Lainnya

Kapolsek Gunungpuyuh, AKP Maulana Arif mengatakan, kegiatan tersebut untuk menghimbau agar para pedagang dapat menjaga kualitas dagangannya dengan tidak menggunakan bahan kimia secara berlebihan, khususnya penggunaan cairan nitrogen.

“Kegiatan ini, merupakan upaya preventif untuk mencegah terjadinya potensi gangguan Kamtibmas yang diakibatkan jajanan yang dikonsumsi pelajar sekolah,” kata Arif kepada wartawan, belum lama ini.

Lanjut Arif, kegiatan tersebut selaras dengan atensi dari Plh Kapolres Sukabumi Kota, Kompol Fitra Zuanda. “Saya instruksikan kepada personel, khususnya unit Binmas untuk menyambangi para pedagang yang keseharinya beraktifitas di kawasan sekolah,” ucapnya.

Adapun, sambung Arif, kegiatan yang dilakukan yakni dengan mengawasi dan mengimbau para pedagang untuk menjaga kualitas dagangannya dan menghindari penggunaan bahan kimia.

“Ya, salah satunya seperti cairan nitrogen yang tentunya dapat menimbulkan efek terhadap orang yang mengkonsumsinya,” cetusnya.

Seperti yang telah ketahui, terkait penggunaan cairan nitrogen ini sudah ada surat edaran dari Kemenkes RI nomor : KL.02.02/C/90/2023 tentang pengawasan terhadap penggunaan nitrogen cair pada produk pangan siap saji.

“Tentunya surat edaran ini merupakan upaya pencegahan dan peningkatan kewaspadaan pada penggunaan nitrogen cair pada pangan siap saji untuk mencegah terjadinya keracunan pangan.” pungkasnya. (bam)

Pos terkait