Petugas Lapas Sukabumi Sabet Piagam Kodam III Siliwangi

Lapas-Sukabumi
Petugas Lapas Kelas IIB Sukabumi saat menerima piagam penghargaan Kodam III Siliwangi di Komplek Cibokor, Cianjur, Kamis (11/5).

SUKABUMI – Tiga petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sukabumi, berhasil menoreh piagam dari Kodam III Siliwangi karena sudah turut serta dalam pelatihan pra tugas Yonif R 300/BJW dan Yonif 310/KK Satgas Pamtas RI-PNG di Komplek Cibokor, Cianjur, Kamis (11/5).

Piagam ini, diberikan kepada petugas Lapas Sukabumi yakni atas nama Fikri Imani, Rizal Juang, dan Sonny Satrio serta sembilan petugas lainnya yang mewakili Kanwil Kemenkumham Jawa Barat pada acara penutupan pelatihan pra tugas Yonif R 300/BJW Satgas Pamtas RI-PNG.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan ini, turut hadir Kepala Staf Angakatan (KASAD) Jenderal Dudung Abdurachman sekaligus memberikan piagam secara simbolis kepada tiga petugas Lapas Sukabumi yang mewakili Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat.

Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengucapkan, selamat dan mengamanatkan untuk para petugas Kemenkumham Jawa Barat yang turut serta dalam pelatihan untuk mengaplikasikan pengalaman tempur dalam pekerjaan sehari hari.

“Selain itu, juga agar selalu menggunakan cindramata berupa kalung dari Kodam III Siliwangi,” ucap Dudung, belum lama ini.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat, R. Andika Dwi Prasetya mengapresiasi tiga petugas Lapas Sukabumi beserta yang lainnya, karena turut serta dalam pelatihan pra tugas Yonif R 300/BJW dan Yonif 310/KK Satgas Pamtas RI-PNG selama empat hari di Komplek Cibokor.

“Pelatihan ini merupakan sinergitas Kemenkumham dan TNI AD dalam penguatan kepada personil yang akan bertempur agar memahami implementasi Hak Asasi Manusia (HAM) dalam menjalankan tugasnya,” bebernya.

Anggota TNI yang akan bertugas di medan tempur perlu adanya penguatan Hukum dan HAM, maka petugas dari Kanwil Kemenkumham Jawa Barat melalui UPT Se- Suci Raya turut berkontribusi dalam pendampingan terkait dengan HAM di medan pertempuran.

“Terdapat 11 petugas dari Kanwil Kemenkumham Jawa Barat telah mengikuti pelatihan pra tugas Yonif R 300/BJW dan Yonif 310/KK Satgas Pamtas RI-PNG di Komplek Cibokor selama empat hari,” imbuhnya.

Menurutnya, kesebelas petugas tersebut juga berkesempatan untuk mendapatkan teknis tentang pertahanan dan keamanan dari TNI mulai dari patroli pengamanan, patroli penghadangan, pengamanan pemindahan logisti, pertahanan pos, patroli pemburu dan yang lainnya.

“Selain mengikuti Kegiatan pelatihan, petugas dari Kanwil Kemenkumham Jawa Barat juga turut berkontribusi dalam memberikan pendampingan terkait dengan Hukum dan HAM,” tukasnya. (bam)

Pos terkait