Walikota Sukabumi Pimpin Apel 830 Personel Gabungan, Siap Amankan Lebaran

personel gabungan
Ratusan personel gabungan disiapkan dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2022 untuk menyambut arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah di Terminal Tipe A Kota Sukabumi, Jumat (22/4).

SUKABUMI— Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, sebanyak 830 orang petugas gabungan disiagakan. Pengerahan petugas tersebut dilakukan lebih awal untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik yang diprediksi akan berlangsung pekan ini.

Kesiapan petugas ini digelar dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2022 yang dipimpin langsung Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi di Terminal Tipe A Kota Sukabumi, Jumat (22/4).

Bacaan Lainnya

”Kegiatan ini dalam rangka merespon arahan presiden dan kapolri dan sejak kemarin pemda, Polri dan TNI serta lainnya melakukan konsolidasi sehingga persiapan menyambut Idul Fitri dapat maksimal oleh petugas di wilayah.

Dimana pada tahun ini warga boleh mudik melaksanakan Idul Fitri dan silaturahmi dengan keluarga serta aparatur melakukan pengamanan maksimal.” ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Walikota menambahkan, tahun ini tidak ada pembatasan dan penyekatan karena diperbolehkan mudik. Pesannya yakni penggunaan protokol kesehatan dan vaksinasi Covid-19.

Intinya lanjut Walikota, kesiapan Forkopimda sejak beberapa hari lalu sudah dilakukan, dalam kerangka percepatan dengan penempatan petugas serta antisipasi euforia warga mudik lebih awal.

Pada momen ini juga wali kota menyampaikan Amanat Kapolri dalam apel gelar pasukan operasi ketupat 2022. Dalam amanatnya kapolri menyampaikan pemerintah memberikan kelonggaran dengan berkumpul bersama keluarga karena mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekata dalam perjalanan mudik.

“Kegiatan mudik tahun ini ditanggapi euforia luar biasa oleh masyarakat. Survei badan litbang Kemenhub mengatakan, ada 85,5 juta masyarakat akan melakukan mobilitas perjalanan selama mudik terkonsentrasi Pulau Jawa dan Bali.

Sehingga waspada dengan mobilitas masyarakat rawan transmisi Covid-19 pada saat pra dan pasca sehingga diperlukan langkah sinergis agar aman dan sehat dalam rangkaian Idul Fitri,” terangnya.

Sementara itu, Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin mengatakan, apel gelar pasukan dilaksanakan petunjuk Mabes Polri dilakukan lebih awal untuk antisipasi lonjakan arus mudik gelombang pertama lebih awal pekan ini.

”Petugas gabungan yang diterjunkan 830 personel yakni 430 polres dan sisanya dari gabungan TNI, pemda dan relawan,” kata dia Zainal menambahkan, rencananya ada satu pos terpadu, 10 pospam, dan 5 pos pelayanan. Harapannya mudik tahun ini berjalan aman dan sehat dengan berbagai upaya yang dilakukan.

Selain itu dibuka pelayanan vaksin 6 titik pos pelayanan. Diharapkan bagi warga melaksanakan vaksinasi di gerai untuk mencegah penyebaran Covid-19. (cr1/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.