Pemerintah Kota Sukabumi

Sempat Kosong, ARV Kini Sudah Aman Lagi

RADARSUKABUMI.com – Dinas Kesehatan Kota Sukabumi memastikan ketersediaam ARV obat khusus bagi orang dengan HIV/Aids (ODHA) di wilayah Sukabumi aman. Bahkan dipastikan aman selama empat bulan kedepan.

“Stok di Dinkes saat ini masih aman. Sekarang petugas Dinkes sedang mengambil ke Provinsi Jabar. Stoknya dipastikan aman empat bulan kedepan,” ujar Kabid Penangan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Sukabumi, Lulis Delawati, kemarin.

Sebelumnya diakui Lulis, stok ARV tersebut sempat mengalami kekosongan karena keterlambatan pendistibusian dari Pemprov Jabar, bukan karena digunakan untuk pasien Covid-19.

“Tidak benar terkait ARV digunakan untuk pasien Covid-19, Namun hanya karena adanya keterlambatan pendistribusian saja,” aku dia.

ARV yang merupakan obat khusus bagi ODHA ini bisa diambil melalui tiga Rumah Sakit yang ada di wilayah Kota Sukabumi, yaitu RSUD R. Syamsudin, RS Al-Mulk dan RS Assyfa. “Pemberian obat ARV tersebut disediakan di tiga Rumah sakit yang ada di Kota Sukabumi,” ujarnya.

Dikatakanyaa, ada sebanyak 493 ODHA yang mengakses on ARV, Dari 493 orang itu sekitar 203 orang berdomisili Kota Sukabumi dan sekitar 270 orang berasal dari Kabupaten Sukabumi sedangkan sisanya dari luar daerah.

Lulis menambahkan, terkait adanya ratusan ODHA asal Kabupaten Sukabumi yang tidak mendapatkan ARV di Kota Sukabumi karena kosong, hal tersebut karena dari beberapa ODHA dari Kabupaten tidak masuk data.

“Yang masuk data dari Kabupaten Sukabumi itukan ada sebanyak 270 ODHA, sedangkan jumlah ODHA di Kabupaten itu ada sekitar 300, jadi sisanya tidak mendapatkan ARV,” pungkasnya. (Bal)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button