2021 Seluruh Puskesmas Jadi BLUD

Walikota Sukabumi saat membubuhkan tanda tangan untuk kesiapan Puskesmas menjadi BLUD di tahun 2021 mendatang. ARDI/RADAR SUKABUMI

RADARSUKABUMI.com – Dinas kesehatan Kota Sukabumi menargetkan seluruh Puskesmas yang ada di Kota Sukabumi beralih status menjadi Badan Layanan Umum Daerah atau BLUD yang tujuannya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan warga.

Sekretaris Dinas kesehatan Kota Sukabumi, Yudi Yustiawan mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan persiapan diberbagai lini untuk menyambut peralihan status, salah satunya menganalisis kesiapan Puskesmas di setiap wilayah.

“Awal tahun udah kita mulai. Kita lihat dari kesiapan dulu dan mau tidak mau kita harus siap,” ujar Yudi kepada Radar Sukabumi, belum lama ini.

Diungkapkan Yudi, saat ini tidak ada kendala krusial yang menghambat peralihan status tersebut dan secara umum pihaknya sudah siap. Hanya saja, ada kekurangan pada berbagai posisi, seperti adanya kekurangan dokter gigi di beberapa puskesmas serta kekurangan tenaga kesehatan lainnya.

“Secara umum kita sudah siap. Jika mantap di tahun 2020 kita akan dorong, tapi kita targetkan tahun 2021 rampung semuanya,” aku dia.

Menurut Yudi, peralihan status ini tentunya harus mengalami perubahan, baik dari fisik, ketersediaan perangkat medis dan lainnya, sehingga menunjang pelayanan kesehatan

. Apalagi sambung dia, peralihan Puskesmas ke BLUD menuntut agar mandiri, di mana pengelola mampu merencanakan anggaran, mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang unggul dan lainnya, sehingga tidak tergantung pada induknya.

“Nantinya mereka diberikan keleluasaan untuk mengelola atau memanej secara mandiri,” terangnya.

Sementara itu sebelumnya, Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi mendorong seluruh Puskesmas untuk beralih status.

Di mana peralihan status ini untuk meningkatkan pelayanan kesehatan warga. Meski demikian, Pemerintah Daerah sudah meluncurkan berbagai program unggulan dibidang kesehatan, seperti Ambulan Sigap, Home Care dan Rumah Singgah.

Diharapkan, status puskesmas tersebut menjadi BLUD nantinya bisa meng”cover” Rumah Sakit Umum Daerah R Syamsudin SH Kota Sukabumi dalam melayani pasien-pasienya.

Karena di puskesmas tersebut nantinya juga disediakan petugas medis seperti dokter, perawat dan bidan yang memadai. (cr1/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *