KOTA SUKABUMI

Kota Sukabumi Kekurangan Guru PNS

CIKOLE – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, Dudi Fathul Jawad mengaku pihaknya dihadapkan kepada dua problem besar di dunia pendidikan. Tentunya, persoalan tersebut perlu dirumuskan dengan baik oleh seluruh eleman dan stake holder, baik tingkat pusat maupun daerah.

“Problemnya kita kekurangan guru dan tuntutan masyarakat ingin pendidikan berkualitas tapi murah,”ujar Dudi usai menerima kunjungan dari sekretariat DPR RI di Balaikota Sukabumi, Jumat (27/9).

Dijelaskannya, sekolah itu harus sesuai dengan kenginan masyarakat yakni dengan kualitas yang bagus tapi dengan biaya murah. “Memang itu hak masyarakat, menuntut apa saja untuk pendidikan yang berkualitas,”katanya.

Sementara itu, jika berbicara guru di Kota Sukabumi sendiri memang sudah mencukupi. Hanya saja apakah statunya PNS atau non PNS. Meskipun dalam Undang- Undang tidak menyebutkan Guru PNS atau non PNS. “Kekurangan guru PNS itu mencapai 60 persen dari kebutuhan,”jelasnya.

Dudi mengaku, Pemerintah Daerah tidak bisa berbuat apa-apa, sebab persoalan kebutuhan tenaga PNS merupakan kewenangan Pemerintah Pusat. “Kewenangan PNS guru itu Pemerintah Pusat. Jadi memang sekali lagi kenapa tidak berinovasi,”ucapnya.

Kedua permasalahan ini yang menjadi tantangan dunia pendidikan saat ini. Bagaimana membuat solusinya, harus ada rumusan yang komprehensif. ” Kedua masalah ini menjadi perbincangan kita,” jelasnya. (bal)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button