Jelang Nataru, Petugas Lapas Sukabumi Dibekali Penggunaan APAR

Lapas Sukabumi Dibekali Penggunaan APAR
Sejumlah petugas Lapas Kelas IIB Sukabumi saat mengikuti pelatihan penggunaan APA

WARUDOYONG – Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sukabumi, menggandeng Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Sukabumi menggelar pelatihan penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di area Barandgang Lapas Kelas IIB Sukabumi.

Kalapas Kelas IIB Sukabumi, Gatot Harisaputro mengatakan, pelatihan ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk penyegaran bagi petugas dalam penggunaan APAR.

Bacaan Lainnya

“Pelatihan ini merupakan penyegaran bagi petugas sebagai antisipasi dan deteksi dini gangguan Kamtib atas potensi bencana non alam khususnya pada momen Hari Raya Natal dan Pergantian Tahun Baru 2024,” kata Gatot kepada Radar Sukabumi, Senin (4/12).

Selain itu, lanjut Gatot, pelatihan penggunaan APAR ini dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) petugas Lapas Kelas IIB Sukabumi dalam mengantisipasi gangguan Kamtib terkait bencana non alam, serta memastikan kondisi tabung APAR tetap baik.

“Kami meng- apresiasi petugas Damkar yang memberikan waktu untuk berbagi ilmu kepada petugas,” ujarnya.

Dalam pelatihan ini, petugas Lapas belajar tentang cara penggunaan APAR dengan baik dan benar, serta pemeliharaan APAR agar tetap dalam keadaan siap pakai.

“Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan petugas dalam menghadapi situasi darurat yang melibatkan bahaya kebakaran di lingkungan Lapas,” cetusnya.

Gatot kembali berharap, dengan adanya pelatihan ini para petugas dapat memahami pentingnya pencegahan dan penanganan kebakaran yang cepat dan efektif.

“Kesiapsiagaan petugas dalam menggunakan APAR serta pengecekan rutin terhadap kondisi tabung APAR di lapas akan menjadi faktor penting dalam menjaga keamanan fasilitas tersebut,” tukasnya. (Bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *