Jelang Lebaran, Dishub Kota Sukabumi Cek Kelayakan Kendaraan Pajampangan

Dishub Kota Sukabumi
Sejumlah personel Dishub Kota Sukabumi saat melakukan pengecekan uji kelayakan kendaraan jurusan Pajampangan yang diselenggarakan di Terminal KH Ahmad Sanusi di Jalur Lingkar Selatan, Kota Sukabumi, Rabu (20/4).

SUKABUMI — Menjelang mudik Lebaran 1443 Hijriyah, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi melakukan pengecekan kelayakan kendaraan jurusan Pajampangan yang diselenggarakan di Terminal KH Ahmad Sanusi, Jalur Lingkar Selatan.

Upaya ini dilakukan, untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat kerusakan yang terjadi pada kendaraan.

Kepala Dishub Kota Sukabumi, Abdul Rachman mengatakan, tes kelayakan kendaraan saat ini difokuskan untuk jurusan Pajampangan untuk memastikan kendaraan dalam kondisi baik. “Jumlah total kendaraan jusuran Pajampangan ini kurang lebih ada 70 dan semuanya dilakukan pengecekan. Alhamdulillah semua kendaraan layak jalan,” kata Abdul kepada Radar Sukabumi, Rabu (20/4).

Lanjut Abdul, jika ditemukan adanya kendaraan yang tidak layak jalan dalam kegiatan ramp check maka, kendaraan tersebut disarankan untuk segera dilakukan perbaikan.

“Ramp check merupakan standar bahwa suatu kendaraan itu layak fungsi dengan baik atau semua fungsi pada kendaraan berfungsi secara normal,” ujarnya.

Dalam ramp check kendaraan ini, menurut Abdul, petugas melakukan pengecekan terhadap semua kondisi kendaraan. Mudal dari lampu utama, lampu seinn, rem, ban, alat keselamatan hingga beberapa komponen kendaraan lainnya.

“Kegiatan ini sebagai salah satu upaya kami dalam mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas khususnya menjelang libur Lebaran,” bebernya.

Abdul menambahkan, selama mudik Lebaran Dishub akan terus melakukan pemantauan kendaraan umum agar tidak terjadi hambatan.

“Kami himmbau menjelang libur Lebaran ini masyarakat tetap harus memperketat protokol kesehatan untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran Covid-19. Selain itu, pemudik juga harus sudah melakukan vaksin lengkap hingga boster,” pungkasnya. (bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.