Jelang HUT RI, Paskibra Kota Sukabumi Digembleng

Paskibra Kota Sukabumi
Sejumlah Paskibra Kota Sukabumi saat mengikuti pelatihan di Lapang Merdeka, Kamis (11/8).

CIKOLE – Puluhan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Kota Sukabumi, menggencarkan pelatihan upacara menyambut peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Lapang Merdeka Sukabumi.

Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Sukabumi, Yoga Swara Slamet mengatakan, kegiatan yang dilakukan tersebut merupakan agenda bersama yang dilakukan secara serentak di Indonesia, untuk persiapan Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Bacaan Lainnya

Para pelajar yang terpilih dalam pasukan pengibar bendera pusaka di Kota Sukabumi ini merupakan para pelajar terbaik karena sudah menjalani penjaringan sebelumnya. “Kami melakukan latihan duplikat pengibaran bendera pusaka, yang diikuti unsur pelajar dan anggota Unit Batalyon Infanteri 310,” bebernya.

Yoga menjelaskan, pasukan yang dipersiapkan dalam Upacara Bendera pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kota Sukabumi, terdiri dari tiga unsur pasukan.

Yakni, pasukan 17, pasukan 8 dan pasukan 45. “Pasukan 17 yaitu mereka yang mengawal pasukan pengibar bendera. Sedangkan, pasukan 8 merupakan pasukan pengibar bendera dan pembawa baki. Sedangkan, pasukan 45 pasukan pengawal, yang diisi anggota TNI dari Unit Batalyon Infanteri 310,” ujarnya.

Yoga menambahkan, total anggota Paskibra terdapat sebanyak 32 pelajar terbaik dari 15 SMA dan SMK di Kota Sukabumi dan ada dua pelajar yang dikirim ke Provinsi Jawa Barat untuk mewakili Kota Sukabumi, sebagai pengibar bendera di tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Ada dua pelajar yang dikirim untuk mengikuti Paskibra tingkat Jabar,” bebernya.

Sementara itu, pelatih dari Unit Batalyon Infanteri 310, Serka Maman Hermanto menjelaskan, hingga saat ini proses latihan yang berlangsung berjalan lancara dan sesuai dengan apa yang diharapkan.

“Kekompakan antara siswa dan anggota TNI sudah terjalin. Saat ini tinggal mengaplikasikan setiap hari proses latihan yang dilakukan, agar pada hari pengibaran bendera nanti seluruhnya berjalan lancar,” jelasnya.

Menurutnya, proses latihan yang dilakukan berlangsung intensif setiap harinya dimulai sejak pukul 8.00 WIB. “Kendala yang kami dapati memang ada, namun sedikit. Hanya terkait persamaan dari gerakan antara siswa dan siswi dan anggota TNI, yang saat ini sudah teratasi,” pungkasnya. (bam)

Paskibra Kota Sukabumi
Sejumlah Paskibra Kota Sukabumi saat mengikuti pelatihan di Lapang Merdeka, Kamis (11/8).

Pos terkait