GBK Dorong program Bike to Work

FOTO BERSAMA: Sejumlah anggota dan pengurus Komunitas Gowes Balaikota Kuliner foto bersama sebelum melakukan perjalanan. IST

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Komunitas Gowes Balaikota Kuliner (GBK) mendorong kegiatan bike to work di Kota Sukabumi. Hal itu sebagai upaya menekan pencemaran lingkungan dan mengurangi kemacetan di Kota Sukabumi. Tak ayal, pada jam masuk kerja atau sekolah, sejumlah ruas jalan kerap terjadi penumpukan kendaraan, terlebih dibeberapa titik lokasi kerja atau sekolah banyak yang memarkirkan kendaraan di badan jalan.

Ketua GBK, Andri Setiawan mengatakan, dalam rangka menekan kemacetan lalu lintas di Sukabumi, pihaknya mendukung dan mendorong adanya program bike to work, terutama di kawasan yang seringkali mengalami kemacetan di pagi atau sore hari pada saat berangkat dan pulang kerja. Selain itu bersepeda menuju tempat kerja ini dapat menekan polusi atau pencemaran udara. “Kami mendukung adanya bike to work di Kota Sukabumi,’’ kata Andri.

Menurut dia, GBK siap menjadi motor penggerakan dalam program tersebut. Apalagi, GBK yang didirikan sejak 16 Februari 2018 ini mayoritas beranggotakan aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Sukabumi dan sebagian lainnya masyarakat umum. “Olah raga sepeda ini bisa menjadi media untuk hidup sehat bagi para pegawai,” tambahnya.

Komunitas sepeda lainnya Watjana Bicycle juga mendukung adanya wacana bike to work. “Kami mendukung karena ini akan bernilai posit terutama bagi kesehatan dan menekan kemacetan,’’ ujar penggiat sepeda Watjana Bicycle, Asep D.

Di sisi lain, jalur untuk jalan sepeda di Kota Sukabumi sudah tersedia dengan tanda cat warna hijau. Data Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi menyebutkan, panjang lintasan jalur sepeda mencapai sekitar empat kilometer dengan lebar sekitar satu meter. Rute jalur sepeda sepanjang Jalan R Syamsudin, Jalan Suryakencana, Jalan Perintis Kemerdekaan, dan masuk mengitari Lapangan Merdeka termasuk Jalan Veteran.
Kepala Dishub Kota Sukabumi, Abdul Rachman mengatakan, pemerintah berupaya jalan untuk jalur sepeda dapat efektif digunakan untuk para warga yang bersepeda. Sehingga tidak ada lagi kendaraan yang parkir sembarangan di jalur sepeda yang telah ditandai dengan cat warna hijau.

 

(why)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.