Bersama Lawan Corona, Dandim 0607 Pimpin Penyemprotan Disinfektan

  • Whatsapp
Walikota Sukabumi Achmad Fahmi bersama Dandim 0607/Sukabumi Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo lakukan penyemprotan di Kota Sukabumi.

KOTA SUKABUMI – Gerakan penyemprotan disinfektan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona terus dilakukan pemerintah Kota Sukabumi. Kali ini, kegiatan tersebut dipimpin langsung Komandan Kodim (Dandim) 0607/ Sukabumi Letkol (Inf) Danang Prasetyo Wibowo dengan puluhan pasukan kodim 0607 lainnya.

Tidak hanya itu, Walikota Sukabumi Achmad Fahmi, Wakil Walikota Sukabumi Andri Hamami dan Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo pun turun ambil bagian dengan terjun lagsung ke lapangan, sembari memberikan himbauan agar mengurangi aktivitas di luar rumah dan tidak melakukan kerumunan atau memberikan jarak.

Bacaan Lainnya

Dandim 0607/Sukabumi Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo mengatakan, penyemprotan ini dilakukan bersama petugas gabungan, diantaranya Kodim 0607/Sukabumi, Polres Sukabumi Kota, BPBD Kota Sukabumi, PMI, serta sejumlah relawan lainnya. “Kita bagi-bagi tugas, ada yang menyisir di Lapangan Merdeka, Jalan Dago, sekitaran RSUD R Syamsudin SH, serta jalur-jalur protokol lainnya,” ujar Danang kepada awak media, kemarin (26/3).

Diakuinya, penyemprotan ini akan berlangsung selama tiga hari kedepan sesuai arahan pimpinan pusat. Namun demikian, untuk sarana publik transportasi seperti terminal dan stasiun akan dilakukan secara kontinyu, sehingga pemutusan mata rantai virus Covid-19 hanya samapai dilokasi tersebut.

“Kami ingin menggugah masyarakat agar sama-sama melakukan pemutusan penyebaran mata rantai viris Covid 19 dengan berdiam di rumah dan melakuka langkah-langkah preventif sesuai anjuran pemerintah. Sebab, hal ini tidak bisa dilakukan hanya oleh pemerintah saja, melainkan harus ada kesadaran dari masyarakat itu sendiri,” terangnya.

Danang menambahkan, kegiatan serupa pun akan dilakukan di wilayah Kabupaten Sukabumi. Di mana, tugas wilayah Kodim 0607/Sukabumi meliputi Kota dan Kabupaten Sukabumi. “Dalam waktu tiga hari ini, kita akan terus lakukan di Kota dan Kabupaten Sukabumi. Kami berharap wabah ini bisa segera selesai dan aktivitas warga kembali normal,” harapnya.

Sementara itu, Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi terus mengajak semua lapisan masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 atau korona di Kota Sukabumi. Dirinya meyakini, dengan kebersamaan, saling menolong, saling berbagi bisa menjadi sebuah energi besar untuk melawan korona.

Fahmi juga menghimbau, bagi masyarakat yang memiliki kelebihan dari sisi ekonomi agar dapat memberikan bantuan dan pertolongan terhadap sesama maupun terhadap berbagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran korona.

“Saat ini dibutuhkan sikap kebersaman diantara kita, bagi warga yang mempunyai kelebihan dari sisi ekonomi dapat memberikan bantuan. Di mana sekecil bantuan dapat berarti karena kini butuh energi yang besar dalam melawan Corona,” ungkap Fahmi.

Selain itu, Pemerintah Kota Sukabumi bersama unsur Forkopimda terus menggencarkan melakukan penyemprotan dan himbauan kepada masyarakat yang ada di area publik. Pihaknya meminta, agar masyarakat dapat menaati anjuran yang diberikan oleh pemerintah sehingga bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Sekarang ini kami melakukan penyemprotan disinfektan mulai dari Lapang Merdeka, Jalan RE Martadinata, sekitar Pasar Pelita hingga Stasiun Kereta Api (KA) Sukabumi.

Sementara petugas yang dikerahkan mulai Dinas Kesehatan, Kodim 0607 Kota Sukabumi, Polres Sukabumi Kota, dan para relawan dan enyemprotan disinfektan ini dilakukan secara bergiliran oleh Forkopimda,” sebutnya.

Ditempat terpisah, Pemerintah Kelurahan Lembursitu Kota Sukabumi menggelar penyemprotan disinfektan massal di wilayahnya dalam rangka pencegahan virus corona atau Covid-19. Kegiatan ini melibatkan unsur TNI Polri serta pengurus Rukun Warga (RW) setempat.

Lurah Lembursitu Yayah Ratnaningsih mengatakan, kegiatan ini sebagai salah satu upaya pihaknya agar memastikan wilayahnya bebas dari penularan pandemi covid-19 tersebut.

“Iya ini ikhtiar kami yang berdasarkan protokol dan SOP Covid-19 di wilayah Kelurahan Lembursitu untuk mencegah penularan virus corona yang sekarang menjadi pandemi global,” kata Yayah kepada Radarsukabumicom, Kamis (26/3).

Penyemprotan disinfektan ini dilakukan di 21 RW di wilayah Kelurahan Lembursitu. Selain itu, penyemprotan juga difokuskan ke sejumlah tempat publik seperti Terminal Lembursitu dan SPBU Lembursitu. Adapun bahan disinfektan yang disemprotkan disediakan secara gratis dari kelurahan.

“Jadi kami menggerakkan semua unsur, mulai dari aparat kelurahan, TNI Polri, LPM hingga RT dan RW serta masyarakatnya. Semua terlibat dan bergerak massal hari ini. Kenapa massal, agar memutus mata rantai penyebaran virus,” ujar Yayah.

“Kami berharap semoga pandemi covid-19 ini segera berlalu agar kita dapat beraktivitas seperti biasa lagi. Karena efeknya cukup luar biasa. Sehingga kami dari aparat Pemerintah Kelurahan Lembursitu menggelar kegiatan ini sebagai salah satu ikhtiar,” pungkasnya. (cr1/izo/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *