Tips Lansia Sehat dan Bahagia di masa Pandemi Covid-19

  • Whatsapp
dr. Rahma Andhina Meilia dokter RSI.Assyifa Kota Sukabumi

Bismillah, Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh…

Lanjut usia atau lansia adalah kelompok yang rentan terserang penyakit termasuk Covid-19 yang disebabkan oleh virus Corona jenis baru.

Bacaan Lainnya

Virus Corona atau SARS-CoV-2 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Virus ini lebih mudah menyerang orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Salah satunya adalah para lansia (lanjut usia), yaitu kelompok orang yang usianya lebih dari 60 tahun.

Hal ini karena daya tahan tubuh lansia sudah melemah dan kerja organ-organ tubuhnya juga umumnya sudah tidak optimal, bahkan bisa saja sudah mengalami gangguan.

Dalam kondisi tersebut, virus akan lebih mudah berkembang biak dan menyebabkan kerusakan, serta memperberat gangguan yang sudah ada.

Lansia sesuai dengan Undang Undang dan badan kesehatan dunia, adalah seseorang dengan usia 60 tahun ke atas, di Indonesia proporsi angka kematian akibat covid 19 tertinggi pada kelompok lansia sebesar 44%.

Lansia lebih rentan terdampak covid 19 dan meningkatkan resiko keparahan penyakit , jika ada penyakit penyerta seperti hipertensi, DM, jantung dan paru, oleh karena itu pencegahan covid 19 pada kelompok lansia harus di lakukan maksimal karena resiko mengalami ketularan penyakit tersebut.

Adapun panduan buat lansia untuk mencegah terjangkit nya penyakit covid 19, pertama perbanyak ibadah, membaca Al Quran dan berdzikir, perkuat daya tahan tubuh dengan menkonsumsi makanan atau minuman yang sehat seuai instruksi atau anjuran dari petugas kesehatan, lakukan komunikasi aktif dengan anggota keluarga lain dengan teman atau komunitas yang dimiliki dengan menggunakan fasilitas media komunikasi seperti telepon dan Handphone.

Selain itu, selama di rumah saja lakukan olahraga ringan dan kegiatan produktif yang menyenangkan seperti menjahit, berkebun , memasak dan lain lain.

Kemudian, selama di rumah saja, kurangi membaca, menonton atau mendengarkan berita tentang pandemi covid, terapkan Prokesnya dan jaga jarak aman dengan beraktifitas di rumah saja , hindari tempat keramaian, hindari bepergian dengan transportasi umum.

Selain hal tersebut, tips meningkatkan kesehatan pada lansia yang harus kita perhatikan antara lain adalah Tetap aktif, olahraga secara rutin ( senam Ringan ), berjemur di pagi hari, kemudian mengkonsumsi makanan sehat dengan menjaga pola makan dengan mengkonsumsi nutrisi yang seimbang ( mengkonsumsi vitamin C,E, dan zink serta mengkonsumsi minum multivitamin.

Kemudian selain itu , istirahat yang cukup , dengan menjaga pola tidur durasi 7-8 jam sehari, kurangi minum banyak air di malam hari , karena terbangun di malam hari untuk ke kamar mandi sangat mengganggu waktu tidur.

Selalu tenang dan berfikir positif Tetap aktif bergerak Atasi rasa bosan dan kesepian Menikmati hidup dengan menjalankan hobi Sabar dan terus berdoa.

Selain itu sehat dan bahagia saat pandemi corona lainnya yakni harus senantiasa diingatkan akan pentingnya kesabaran dan berdoa agar hati menjadi tenang.

Stres harus dijauhkan, karena hidup yang penuh tekanan akan merusak kesehatan, dapat memicu berbagai penyakit seperti stroke, asma, darah tinggi, penyakit jantung, dan lain-lain. Banyak tersenyum dan tertawa sangat baik, karena akan memperbaiki mental dan fisik secara alami.

Dan tentunya dengan bersabar sesuai dengan surat Al-Baqarah ayat 153 “ Wahai orang orang yang beriman , jadikanlah sbar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah bersama orang orang yang sabar”.

Dan salah satu bentuk ikhtiar kita bersama dalam menghadapi wabah Covid-19 ini adalah dengan mengikuti dan melaksanakan anjuran dari pemerintah, yaitu dengan mengikuti pelaksanaan vaksin khusus bagi lansia yang tempat dan kriteria nya sudah di sosialiasikan oleh petugas petugas kesehatan setempat. (*)

Pos terkait