KESEHATAN

Gizi Seimbang

Bismillahirrahmaanirrahim, Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Salah satu ciri bangsa maju adalah bangsa yang memiliki tingkat kesehatan, kecerdasan, dan produktivitas kerja yang tinggi. Ketiga hal ini dipengaruhi oleh keadaan gizi. Pola makan merupakan perilaku paling penting yang dapat mempengaruhi keadaan gizi.

Hal ini disebabkan karena kuantitas dan kualitas makanan dan minuman yang dikonsumsi akan mempengaruhiasupan gizi sehingga akan mempengaruhi kesehatan individu dan masyarakat. Gizi yang optimal sangat penting untuk pertumbuhan normal serta perkembangan fisik dan kecerdasan bayi, anak-anak, serta seluruh kelompok umur.

Gizi baik membuat berat badan normal atau sehat, tubuh tidak mudah terkena penyakit infeksi, produktivitas kerja meningkat serta terlindung dari penyakit kronis dan kematian dini.

Agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit kronis atau penyakit tidak menular terkait gizi, maka pola makan masyarakat perlu ditingkatkan kearah konsumsi gizi seimbang.

Keadaan gizi yang baik dapat meningkatkan kesehatan individu dan masyarakatGizi seimbang adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Loading...

Pedoman Gizi Seimbang bertujuan untuk memberikan panduan konsumsi makanan sehari-hari dan berperilaku sehat berdasarkan prinsip konsumsi anekaragam pangan, perilaku hidup bersih, aktivitas fisik, dan memantau berat badan secara teratur dalam rangka mempertahankan berat badan normal.

Asupan gizi seimbang adalah salah satu factor penting yang berperan dalam menunjang kesehatan seseorang. Sehat jasmani adalah harapan semua orang tetapi tidak semua mampu memilih pola hidup sehat dengan gizi seimbang.

Gizi seimbang menggambarkan empat pilar dalam pola hidup individu, yakni mengkonsumsi beranek ragam makanan atau pangan, biasakan prilaku hidup bersih, selalu beraktifitas fisik dan selalu memantau berat badan mencapai angka normal.

Selain itu, ada 10 tips pola makan sehat sesuai gizi seimbang diantaranya, makan aneka ragam makanan, sering makan sayur dan buah, konsumsi lauk pauk tinggi protein, variasikan makanan pokok, batasi makanan tinggi gula, garam dan lemak, biasakan sarapan pagi, minum air putih yang cukup, selalu perhatikan label makanan, biasakan mencuci tangan dan terakhir hidup aktif dan menjaga Berat Badan. (*)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button