Daun Kelor dan 4 Manfaat Baiknya untuk Kesehatan

  • Whatsapp

RADARSUKABUMI.com – DAUN kelor sangat kaya nutrisi dan banyak digunakan dalam masakan India karena serbaguna dan bisa dimasukkan ke dalam makanan dengan berbagai cara. Menambahkan daun ini ke dalam jus dan menggunakannya sebagai sayuran tumis adalah cara yang paling umum untuk memakannya. Berikut ini beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan, seperti dilansir laman Genpi.co, Senin.

1. Mencegah diabetes
Manfaat daun kelor yaitu mampu dalam mencegah diabetes. Manfaat tersebut didapatkan tubuh karena daun kelor memiliki kandungan insulin alami yang cukup banyak di dalamnya. Mengonsumsi daun kelor dengan takaran yang tepat akan mampu menjaga stabilnya gula darah di dalam tubuh.

Bacaan Lainnya

Namun jangan lupa untuk mengatur pola makan dan jenis karbohidrat yang dikonsumsi. Karena, sebaik-baiknya daun kelor tersebut, jika asupan karbohidrat dan gula terlalu berlebihan tetap saja tidak berpengaruh dalam mencegah diabetes.

2. Menjaga kadar kolesterol
Daun kelor sangat baik menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Mengonsumsi daun kelor dipercaya mampu memberi manfaat berupa penurunan kandungan kolesterol jahat atau LDL yang bisa merugikan tubuh. Hal itu tidak lain karena adanya kandungan senyawa hiocarbamate glikosida dan nitrile yang ada di dalam daun kelor. Selain menjaga kadar kolesterol dalam tubuh, senyawa tersebut juga membantu dalam menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

3. Mencegah Anemia
Daun kelor ternyata memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Kandungan tersebut bisa memberi manfaat bagi tubuh dalam mencegah anemia. Anda tetap harus mengonsumsi jenis makanan lain yang bisa memberi manfaat dalam mencegah anemia.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Manfaat daun kelor selanjutnya yaitu bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini didapatkan dari adanya kandungan polifenol yang terdapat di dalam daun kelor. Selain itu, kandungan serat pada daun kelor juga sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh. Mengonsumsi daun kelor juga bisa memperbaiki kerusakan sel karena terpapar radikal bebas.(genpi/jpnn)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *