Daging Kambing Pemicu Darah Tinggi?

dr.Angie Rivera

Assalamu’alaikum Wr.Wb. Sahabat sehat Assyifa, bagaimana kabarnya ? mudah mudahan ada dalam lindungan Allah SWT, Alhamdulilah pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang daging, khususnya daging kambing, manfaat dan mitosnya.

Protein hewani memiliki banyak manfaat bagi tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Protein hewani dapat diperoleh dengan mudah dipasaran seperti daging, susu dan telur. Protein hewani merupakan penghasil komponen bioaktif untuk mrningkatkan sistem kekebalan tubuh yang dikenal dengan Conjugated Linoleic Acid (CLA)

Bacaan Lainnya

Di balik kandungan nutrisinya yang banyak, daging kambing kerap dijadikan biang kerok penyebab seseorang mengalami hipertensi alias tekanan darah tinggi. Namun ternyata, hal tersebut hanyalah mitos belaka.

Pasalnya daging kambing cenderung lebih sehat dibanding daging sapi, dan daging ayam serta kaya manfaat jika dikonsumsi dan diolah dengan cara yang benar. Dalam 100 gr (3 1/2ons) daging kambing yang dimasak dengan cara dipanggang mengandung 143 kalori, 27 gr protein, 3 gr lemak, 3.7 mg zat besi, 86 mg natrium, dan 75 mg kolesterol.

Daging kambing juga memiliki lebih banyak zat besi sebagai bahan pembentuk sel darah merah, kalsium yang mampu menjaga kesehatan gigi dan tulang, protein yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh serta kadar lemak jenuh, dan kolesterol yang lebih rendah dibandingkan dengan daging sapi dan ayam.

Agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit, hindari makan bagian selain daging. Artinya, kamu tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang diolah dari lemak dan jeroan kambing.

Selain hanya mengonsumsi bagian dagingnya saja, tips sehat mengonsumsi daging adalah dengan memperhatikan cara mengolahnya. Cara pengolahan yang salah dapat berisiko memicu timbulnya penyakit. Salah satu cara pengolahan yang tepat adalah memasak daging kambing pada suhu rendah, jangan memasak daging kambing di atas suhu 250 celcius, supaya daging tidak mengering dan merusak kandungan gizi di dalam kambing.

Selain itu penambahan bumbu yang berlebihan seperti garam, mentega, dan penggunaan minyak yang kurang sehat juga akan membuat daging kambing menjadi lebih berbahaya. Pengolahan daging kambing yang terbaik adalah melalui proses pemanggangan dengan menggunakan tambahan seperti air, anggur, susu. Mengolah daging kambing dengan cara digoreng dapat menyebabkan kandungan kolesterol dalam daging melonjak naik.

Berikut tips and trick memasak daging kambing yang sehat, diantranya, pertama dengan mengkombinasikan dengan sayuran. Kombinasikan sayuran ke dalam olahan daging kambing. Sebab sayuran yang dipadukan dengan daging merah bisa membantu mengurangi senyawa berbahaya saat proses pencernaan. Contohnya, kamu bisa memcapurkan sayuran seperti kol, tomat, bayam, atau sayuran hijau lainnya ke dalam olahan daging. Menurut studi, kandungan serat di dalam sauran bisa memperlancar pencernaan dan mengurangi penyerapan kolesterol.

Selain itu juga bisa menambahkan rempah-rempah dan bumbu lainnya. Karena rempah-rempah ternyata juga bisa membantu untuk menurunkan kolesterol. Misalnya bawang putih yang bisa menurunkan LDL dan trigliserida hingga 20mg/dL.

Kedua untuk tidak digoreng. Agar tidak membahayakan kesehatan, asupan daging kambing atau daging merah lainnya direkomendasikan 1-2 porsi tiap minggunya. Selain itu, cara mengolahnyapun tak boleh sembarangan. Ada baiknnya untuk tidak mengolah daging kambing dengan cara di goreng.

Alasannya, menggoreng bisa menambah kadar lemak pada daging kambing yang akan kita konsumsi. Alternatifnya bisa mengolah daging dengan cara di panggang atau di sup.

Sementara itu, mengonsumsi daging kambing dalam jumlah yang tepat juga dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan seperti, tinggi akan zat besi

Daging kambing diketahui tinggi akan zat besi. Perlu diingat bahwa zat besi merupakan mineral penting yang dikonsumsi dalam makanan yang kita makan. Tanpa zat besi yang cukup, tubuh tidak dapat membuat hemoglobin, yaitu protein pada sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Tinggi vitamin B12, di mana daging kambing merupakan salah satu sumber vitamin B12 yang baik. Vitamin B12 atau cobalamin merupakan nutrisi penting yang memainkan banyak peran dalam tubuh, seperti, mendukung produksi energi dalam sel, sintesis DNA, memaksimalkan fungsi sel saraf, dan mendorong pembentukan sel darah merah. Mudah mudahan bermanfaat, Semoga Allah melindungi kita semua, aamiin ya rabbal’alamin. (*)

Pos terkait