KESEHATAN

Ada 8 Ciri Penderita HIV Lewat Lidah, Simak Ulasannya

RADARSUKABUMI.com – Penyakit HIV/AIDS merupakan masalah kesehatan yang hingga saat ini belum bisa diobati. Kondisi ini sangat berbahaya, sehingga sangat penting untuk dideteksi sejak dini. Salah satu metode deteksi dini yang bisa diterapkan adalah dengan mengenali ciri lidah penderita HIV.

Perlu diketahui, HIV adalah penyakit infeksi virus mematikan yang menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga meningkatkan risiko infeksi dan penyakit lain.

Gejala yang hadir akibat HIV cukup beragam, seperti demam, keringat malam, pembesaran kelenjar, diare, badan lemas, kelelahan, penurunan berat badan, dan lainnya.

Tanpa pengobatan, gejala-gejala tersebut akan terus berkembang dan bertambah parah seiring waktu. Infeksi virus HIV yang parah akan masuk ke tahap lanjutan, yang disebut AIDS.

Berangkat dari alasan tersebut, deteksi dini penyakit HIV adalah tindakan yang sebaiknya dilakukan. Salah satu cara yang bisa dicoba adalah dengan memperhatikan ciri-ciri HIV pada lidah dan mulut.

Bagaimana Ciri Lidah Penderita HIV?

Melemahnya sistem imun pada penderita HIV memudahkan terjadinya berbagai macam infeksi, salah satunya yang terjadi pada lidah dan mulut. Bahkan, gangguan ini adalah hal yang umum terjadi dan ditemukan pada sebagian besar penderita HIV.

Menurut data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 40-50% penderita HIV/AIDS memiliki infeksi mulut yang dapat menyebabkan komplikasi. Adapun ciri-ciri lidah pada penderita HIV, yaitu:

1. Leukoplakia

Leukoplakia (oral hairy leukoplakia) disebabkan oleh virus Epstein-Barr. Tipe ini banyak terjadi pada orang-orang yang terinfeksi HIV/AIDS. Ciri-cirinya adalah bercak-bercak putih di lidah yang tampak bergelombang dan seperti rambut.

Bercak-bercak pada leukoplakia berambut sulit untuk dihapus. Selain itu, penderita kadang merasakan ketidaknyamanan dan perubahan dalam sensasi indera pengecap.

2. Herpes Mulut

Herpes adalah penyakit yang disebabkan oleh virus herpes simpleks. Infeksi ini biasanya muncul pada bagian bibir, gusi, lidah dan bagian dalam pipi. Kondisi ini menyebabkan munculnya luka merah melepuh, bergerombol, dan menyakitkan.

Setiap orang sebenarnya bisa mengalami kondisi ini. Namun jika terjadi pada penderita HIV, biasanya keluhan akan dirasakan lebih parah dan berlangsung lama.

3. Kutil Mulut

Tak hanya menyerang bagian genital, kutil juga dapat muncul di mulut. Penyebab kutil mulut adalah infeksi Human papilloma virus (HPV).

1 2 3Laman berikutnya
Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button