SCG Bangun Sarana Air Bersih untuk 70 KK

Rian Adibilly selaku Ketua Project BiLik Semen Jawa (tengah) bersama dua warga Desa Sukamaju (kanan dan kiri) saat serah terima 00 sabun cuci tangan gratis di Desa Sukamaju.

SUKABUMI — PT SCG melalui anak perusahaannya, PT Semen Jawa dan PT Tambang Sukabumi kembali mendukung himbauan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan peduli bersama sebagai salah satu upaya pencegahan Covid-19.

Hal ini diimplementasikan dengan kontribusinya pada masyarakat Sukabumi melalui pembangunan sarana air bersih dan pembagian sabun cuci tangan gratis bagi warga Kampung Cibanteng dan Nangela, Desa Sukamaju, Kecamatan Gunungguruh.

Bacaan Lainnya

Setelah dibangunnya sarana air bersih ini, warga tidak perlu lagi berjalan jauh untuk mengambil air bersih. Pembangunan sumur air bersih dan torrent telah dilakukan agar 70 rumah mendapatkan fasilitas air bersih.

Karyawan SCG dan masyarakat bahu membahu membangun sumur dan penampunganan air bersih di dekat perkampungan agar masyarakat dapat lebih mudah mendapatkan air bersih.

Seorang warga Kampung Cibanteng, Desa Sukamaju, Kecamatan Nyalindung, Fatimah (45) mengatakan, sebelumnya, ketersediaan air bersih menjadi salah satu kendala dalam menjalankan gaya hidup bersih dan sehat.

“Alhamdulilah dengan adanya kontribusi dari PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi dalam pembangunan sarana air bersih di dekat rumah kami, sekarang kami tidak perlu lagi berjalan hingga 200 meter untuk mengambil air bersih. Hidup sehat jadi lebih mudah dengan adanya akses air bersih yang lebih dekat,” jelasnya.

Presiden Direktur PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, Somchai Dumrongsil mengatakan, selain pembangunan sarana air bersih, sosialisasi dalam upaya penanganan Covid-19 pun dilakukan dengan dibagikannya sabun cuci tangan gratis untuk warga Kampung Cibanteng.

“Hal ini menjadi salah satu cara agar masyarakat dapat terbiasa mencuci tangan pakai sabun seperti yang telah dianjurkan oleh pemerintah dalam meminimalisir pencegahan Covid-19,” katanya.

Pembangunan sarana air bersih ini, merupakan salah satu upaya PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, melalui kegiatan Bina Lingkungan atau BiLik Semen Jawa.

Sarana yang baru saja selesai dibangun sehingga dapat mengalirkan air bersih di 2 RT di Kampung Cibanteng dan Nangela, Desa Sukamaju.

“Selain itu, PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi juga berupaya mendukung himbauan pemerintah dalam perangi Covid-19 dengan mengajak masyarakat untuk peduli bersama dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat melalui pembagian sabun cuci tangan kepada lebih dari 100 warga Kampung Cibanteng dan Nangela, Desa Sukamaju,” paparnya.

Penanganan Covid-19 pun sebelumnya telah dilakukan oleh PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi melalui donasi yang diberikan senilai 165 Juta Rupiah untuk penyediaan APD, masker, sabun cuci tangan dan sosialisasi terkait pencegahan Covid-19 di Sukabumi.

Selain donasi tersebut, PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi juga telah melakukan beberapa program Bina Lingkungan (BiLik) yang berkaitan dengan pencegahan Covid-19 melalui pembangunan sarana air bersih di Kampung Tanjungsari, Desa Sirnresmi, Kecamatan Gunungguruh.

“Program ini menjadi salah satu implementasi filosofi SCG people. Yakni kepedulian terhadap tanggung jawab sosial. Seluruh karyawan SCG dimanapun beroperasi perlu menanamkan rasa kepedulian yang tinggi selama menjadi bagian dari SCG.

Selanjutnya, program BiLik ini akan berlanjut di desa lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekitar. Sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup di masyarakat Sukabumi,” pungkasnya. (den/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.