Rumah Mirah Rata dengan Tanah

  • Whatsapp
MEMBARA: Kobaran api saat membakar rumah Mirah (42), warga Kampung Cisarua I, Desa Buniwangi, Kecamatan Surade, kemarin (4/9).

SURADE, RADARSUKABUMI.com – Rumah semi permanen milik Mirah (42), di Kampung Cisarua I, Desa Buniwangi, Kecamatan Surade hangus terbakar setelah dilalap si jago merah, kemarin (4/9). Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Anggota Radio Antar Penduduk Indonesia (Rapi) Lokal 8 Sukabumi Selatan, Sudrajat mengatakan, peristiwa kebakaran yang terjadi sekira pukul 15.30 WIB ini, bermula saat korban tengah memasak nasi. Karena harus membeli keperluan dapur, pemilik rumah pun ke luar. “Sepulang dari warung, korban kaget melihat api di dapurnya yang sudah membesar,” jelas Sudrajat kepada Radar Sukabumi.

Bacaan Lainnya

Warga yang rumahnya berada di sekitar lokasi kejadian, pun langsung berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. “Api cepat membesar lantaran saat kejadian kondisi angin tengah kencang. Terlebih, bangunan rumah korban terbuat dari material yang mudah terbakar. Sehingga dalam waktu 40 menit lamanya, bangunan rumah hangus terbakar hingga nyaris rata dengan tanah,” bebernya.

Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna mengatakan, api yang membakar rumah milik Mak Mirah tersebut, berhasil dipadamkan sekira pukul 16.30 WIB setelah satu unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi kejadian. “Beruntung saat kejadian, petugas pemadam kebakaran langsung datang ke lokasi kejadian. Kalau terlambat sedikit saja, besar kemungkinan api dapat menjalalar ke rumah warga lainnya,” katanya.

Ia menambahkan, saat kebakaran puluhan warga bersama pemerintah desa telah berupaya maksimal memadamkan api. Namun karena kobaran api cukup besar, sehingga dalam waktu tidak lebih dari satu jam bangunan rumah Mak Mirah langung ludes terbakar. “Saat ini, seluruh keluarga Mak Mirah sudah dievakuasi oleh warga setempat ke rumah keluarga terdekatnya,” singkatnya.

(Den/d)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *