PMI Kabupaten Sukabumi Klaim Stok Labu Darah Meningkat

PMI Kabupaten Sukabumi
Masyakat Sukabumi saat melakukan donor darah oleh PMI Kabupaten Sukabumi.

SUKABUMI – Ribuan labu darah dikeluarkan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi kepada masyarakat yang membutuhkan dalam setiap bulan di tahun 2022 di dua Bank darah rumah sakit Palabuhanratu dan rumah sakit Sekarwangi.

Diungkapkan Ketua PMI Kabupaten Sukabumi, Hondo Suwito mengatakan dalam satu bulan PMI bisa mengeluarkan sebanyak sekitar 1.000 hingga 1.500 labu darah dengan berbagai golongan.
“Stok di kita tersebar, ada dua bank darah, ada di Sekarwangi dan di Palabuhanratu,” ujarnya. Rabu, (13/7)

Bacaan Lainnya

“Kita suplay, ada juga ke rumah sakit Jampangkulon kita suplay juga dan termasuk rumah sakit lain yang membutuhkan,” sambungnya.

Dijelaskan, Hondo sejauh ini ketersediaan stok darah cukup memadai, pasalnya pasca melandainya kasus Covid-19 di Kaupaten Sukabumi berdampak positif pada antusiasme masyarakat untuk melakukan donor darah.
“Saya kira dengan turunya Covid-19 masyarakat antusias donor darah, ini berimbas stok darah di Kabupaten sekarang sudah cukup, sangat mencukupi,” jelasnya.

Namun, kata Hondo, saat ini memang ada di beberapa dikarenakan memasuki musim pancaroba dimana pasien demam berdarah mulai naik, sehingga pihaknya gencar melakukan kegiatan donor darah untuk mengkondisikan pasien-pasien yang membutuhkan trombosit.
“Jadi saat pandemi Covid-19 kemarin, stok darah setiap harinya selalu kesulitan bahkan kosong karena minimnya pendonor darah,” terangnya.

“Alhamdulillah saat ini, sehari bisa mencapai 500 warga mendonorkan darah, hari ini stok labu kita 500, luar biasa, dulu kita kadang-kadang kosong, sekarang alhamdulillah antusias masyarakat luar biasa,” imbuhnya. (Cr2/radar sukabumi).

UTD PMI Kabupaten Sukabumi

Pos terkait