Pembekalan Kepala Desa di Kabupaten Sukabumi Terpilih, Sekda Ade Sampaikan Materi Kepemimpinan

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman

SUKABUMI – Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman memberikan Pembekalan bagi Para Kepala Desa terpilih hasil Pilkades Serentak siklus II gelombang ke I di Hotel Sukabumi Indah Kecamatan Sukabumi, Kamis (19/5/22).

Sekda Ade Suryaman menekankan model Kepemimpinan yang paling baik dan sesuai yang bisa diterapkan oleh Kepala Desa terpilih di Desanya masing masing.

Bacaan Lainnya

” Tunjukan jiwa kepemimpinan dan prestasi kerja sehingga desa yang dipimpinnya bisa maju dan sejahtera serta masyarakat bisa menikmati hasil pembangunan khususnya yang ada di desa,” ungkap Sekda Ade.

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman

Dalam materi yang disampaikannya, Sekda juga menjelaskan bahwa kepemimpinan fokus pada memotivasi dan mempengaruhi orang lain, bawahan atau pengikut agar mau mencapai tujuan bersama.

” Dalam ilmu manajemen pada umumnya, dikenal 3 (tiga) model kepemimpinan.

Masing-masing model mempunyai warna tersendiri, ada yang timbulnya karena anugerah, ada yang erat hubungannya dengan sifat atau karakter serta ada yang timbul karena hasil pembelajaran. Tiga model Kepemimpinan itu yaitu Kepemimpinan Karismatik, Transaksional dan Kepemimpinan Trasformasional,” jelas  Ade Suryaman.

Kepemimpinan, lanjut Sekda, kekuatannya ada pada pengaruh yang memungkinkan orang lain mengikuti secara sukarela, terkait layanan publik, kepemimpinan harus bertujuan duntuk meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Seorang Kepala Desa harus bisa menyelesaikan Visi Misi yang pernah di kemukakan pada waktu kampanye sehingga masyarakat bisa merasakannya. Karena kunci dari kepemimpinan adalah memberikan kesejahteraan bagi masyarakat,” ujarnya.

Akhirnya Sekda berharap Kepala Desa terpilih bisa menerapkan jiwa Kepemimpinan dengan baik sehingga masyarakat ikut serta memajukan dan membangun desanya secara bersama sama. (*)

Pos terkait