PD Aisyiyah Kabupaten Sukabumi Bagikan Sembako hingga Ratusan Masker

  • Whatsapp
PEDULI: Terkenal akan keramahan dan selalu menolong, Ketua MEK PD Aisyiyah Kabupaten Sukabumi Reny Sukmawani membagikan sembako dan masker kepada para perempuan pekerja harian di Kampung Bobojong, Desa Perbawati, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Rabu (22/4/2020).

SUKABUMI – Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kabupaten Sukabumi turut mengambil peran, guna membantu pencegahan penyebaran Covid-19 sekaligus membantu masyarakat yang terdampak dalam menghadapi Covid-19 melalui Gerakan Nasional Ta’awun Peduli Covid-19.

Gerakan-gerakan yang dilaksanakan dalam menghadapi Covid-19 ini dilakukan bersinergi dan berkoordinasi dengan Muhammadiyah, Lazismu, ortom-ortom dan amal-amal usaha lainnya yang tergabung dalam satu atap Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC).

Adapun yang menjadi landasan tergeraknya Aisyiyah untuk melaksanakan ta’awun sosial tersebut diantaranya adalah implementasi QS; An Nahl 97, dan untuk membantu pencegahan dan penyebaran Covid-19, serta meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19.

Kegiatan ta’awun sosial yang dimotori oleh Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan (MEK) Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kabupaten Sukabumi ini beragam bentuknya.

Kegiatan pertama adalah gerakan lumbung hidup. Melalui gerakan ini Aisyiyah mendorong para pengurus dan anggotanya, untuk menanam tanaman sayuran/buat/obat, beternak dan atau memelihara ikan dengan memanfaatkan pekarangan atau lahan yang dimiliki.

“Adapun hasilnya untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga atau membagikannya kepada tetangga dan masyarakat yang memerlukan terutama yang terdampak dalam masa pandemic Covid-19,” tutur Ketua MEK PDA Kabupaten Sukabumi, Reny Sukmawani kepada Radar Sukabumi, Kamis (23/4/2020).

Kemudian, gerakan kedua yang secara serentak dilaksanakan pada 22 April 2020 di seluruh Indonesia adalah pembagian sembako dan 100 masker kepada masyarakat terdampak Covid-19.

TA’AWUN SOSIAL: Dengan mengenakan seragam Aisyiyah, Tim MEK PD Aisyiyah Kabupaten Sukabumi kompak menyelesaikan tugasnya dengan membagikan masker dan sembako.

Secara khusus pemberian bantuan bahan pangan Aisyiyah Kabupaten Sukabumi yang diketuai oleh perempuan yang terkenal cerdas siapa lagi kalau bukan Reny Sukmawani itu menyasar para perempuan pekerja harian di wilayah Cigunung, Mangkalaya, Cipetir, Pasirhalang, Karangtengah, Selabintana dan Gegerbitung.

“Selain diberikan sembako, mereka juga diberikan masker agar dapat digunakan ketika beraktivitas di luar rumah,” ujarnya.

Kegiatan ta’awun lainnya yang telah dilaksanakan adalah pemberian makanan tambahan berupa telur rebus kepada petugas Covid-19 yang ada di RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi dan RSUD Sekarwangi Kabupaten Sukabumi.

Rencananya kegiatan ini akan rutin dilaksanakan setiap hari jumat selama Ramadan. (*/sri)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *