Kemendes Sosialisasi Desa Cerdas di Citepus

Moch. Caesar Maulana duta digital kemendesa
SOSIALISASI : Moch. Caesar Maulana duta digital kemendesa saat sosialisasi di Desa Citepus.

SUKABUMI  — Dalam upaya mensukseskan program Desa Cerdas, kementrian pedesaan republik Indonesia lakukan sosialisasi di Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa barat.

Moch. Caesar Maulana duta digital kemendesa mengungkapkan program desa cerdas dilaksanakan sesuai dengan Permendesa No 7 Tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022 Pasal 6 ayat (2) yang menjelaskan kegiatan Desa Cerdas melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi menjadi salah satu sector prioritas dalam penggunaan Dana Desa yang diprioritaskan untuk dapat mendorong pencapaian SDGs Desa.

Dimana, kata Moch. Caesar desa cerdas ialah yang mampu memperluas konektivitas dengan melibatkan keterlibatan berbagai pemangku kepentingan dan pengembangan berbagai program yang berpusat pada warga yang dapat mendorong masyarakat dalam memanfaatkan infrastruktur Digital.

“Serta dapat berkontribusi terhadap pengembangan berkelanjutan layanan dan pembangunan secara inklusif dan akuntable,” ungkap Moch. Caesar dalam keterangan yang diterima Radar Sukabumi. Senin, (3/10).

Dijelaskan, Moch. Caesar untuk mensukseskan pogram desa cerdas tentunya harus merujuk pada 6 Pilar desa cerdas yang secara bertahap akan dibangun dan dikembangkan, seperti Tata kelola Cerdas, masyarakat cerdas, lingkungan cerdas, hidup cerdas, ekomomi cerdas, mobilitas cerdas.

“Dan desa Citepus merupakan salah satu Desa Pilot Project Kemendesa dalam Program Smart Village (Desa Cerdas) tahun 2022 ini, dengan berbekal status Indeks Desa Membangun (IDM) sebagai salah satu Desa Mandiri yang berada di Kabupaten Sukabumi,” jelasnya.

Dalam kegiatan sosialisasi program desa cerdas tersebut, selain dihadiri masyarakat desa Citepus, kata Moch. Caesar juga dihadiri unsur pemerintah desa, Badan Permusyawaratan Desa, Lembaga Kemasyarakatan Desa, Bumdesa, Karang taruna, PKK, Kader Posyandu, Tokoh Agama serta unsur masyarakat lainnya.

“Adapun yang kita sampaikan ya program Desa Cerdas, tujuan dan manfaat, sasaran dan langkah-langkah strategis yang akan dilakukan pemerintah desa dan masyarakat kedepan,” terangnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *