Hari Ketiga Lebaran, Tempat Wisata di Sukabumi Diserbu Banyak Wisatawan

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Hari ketiga lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah, arus lalu lintas menuju kawasan wisata Palabuhanratu, mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada Rabu (04/05).

Untuk mengurai kemacetan,jajaran Polres Sukabumi jauh-jauh hari telah merencanakan beberapa cara bertindak di lapangan, guna mengatasi peningkatan kepadatan volume arus kendaraan baik kendaraan roda dua maupun roda dua yang akan masuk ke kawasan wisata pantai baik arah Palabuhanratu maupun arah Geopark Ciletuh Ciemas.

“Alhamdulillah H+2 lebaran, untuk pengunjung di tempat wistaw di Kabupaten Sukabumi meningkat,” kata Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah.

Untuk hari ini, sambung Dedy, Polres Sukabumi sudah melakukan dua kali one way penggal yang dari arah Palabuhanratu menuju kawasan objek wisata pantai. Sedangkan di Karanghawu, pihaknya mengaku belum melaksanakan one way penggal, karena dinilai tidak seberapa parah macet.

“Kalau wisatawan yang mengarah ke Sawarna Banten, kita akan prioritaskan dulu yang ke arah Banten, dari banten arah pulang ke Sukabumi atau Palabuhanratu nanti akan tahan dulu,” paparnya.

Sementara, untuk dari pantai Citepus ke arah Bogor atau Cikidang, Polres Sukabumi berupaya prioritas pertama. Hal ini, dilakukan karena untuk mengurai kemacetan lalu lintas diatas pukul 14.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB untuk prioritas para wisatawan pulang.

“Himbauannya kepada wisatawan agar bersabar dalam berkendara, tidak perlu saling menyalip, kalau memang macet saatnya macet karena memang kendaraan menumpuk,” bebernya.

Sementara itu, Kasi Humas Ipda Aah Saepul Rohman mengatakan, dalam mengatasi kepadatan arus lalu lintas pada Rabu (04/05), terdapat beberapa rencana strategi yang akan dilakukan. Diantaranya penerapan one way, sistim buka tutup jalan, rekayasa arus lalu lintas dan memaksimalkan kantong-kantong parkir serta penyiagaan tim urai kemacetan.

“Untuk penerapan strategi di lapangan disesuaikan dengan dinamika situasi dan kondisi di lapangan,” kata Aah kepada Radar Sukabumi melalui keterengan resminya pada Rabu (04/05).

Menurut Aah, dalam pelaksanaan di lapangan, dipantau langsung oleh Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah yang bergerak secara mobile dengan menggunakan sepeda motor.

“Melalui pesawat HT, Bapak Kapolres Sukabumi terus memberikan instruksi dan arahan kepada para perwira di lapangan,” ujarnya.

Hasil pemantauan dilapangan seluruh anggota yang terlibat dalam pengaturan arus lalu lintas dari mulai pos Bagbagan sampai kawasan wisata pantai Karanghawu Cisolok tanpa mengenal panas terik matahari, semua terus berdiri mengatur dan mengarahkan kendaraan agar tidak ada yang melambung, sambil sesekali saling berkoordinasi antar sesama mereka dengan menggunakan pesawat HT. Hasilnya kata Aah hingga walaupun arus lalulintas padat merayap. Namun demikian kendaraan masih bisa dialirkan baik yang akan masuk kawasan wisata, begitupun sebaliknya yang akan pulang menuju kota Sukabumi.

“Diprediksi kepadatan arus lalulintas kunjungan wisata akan berlangsung sampai nanti malam,” pungkasnya. (Den)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar