Abdul Muiz Dukung Pengembangan Petani Rosella di Jampang Kulon

BANTUAN : Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Komisi V Jawa Barat dari Fraksi PKS Abdul Muiz memberikan bantuan kepada pengembangan Kelompok Tani Wanita (KWT) yang membudidayakan tanaman rosella.

SUKABUMI — Untuk mendukung pengembangan potensi pertanian di Hegarmanah Desa Ciparay Kecamatan Jampang Kulon, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Komisi V Jawa Barat Fraksi PKS Abdul Muiz, memberikan bantuan kepada pengembangan Kelompok Tani Wanita (KWT) yang membudidayakan tanaman rosella.

“Bantuan ini sebagai respon kami atas inisiatif Bapak Kades untuk menjadikan Desanya sebagai sentra tanaman Rosella.
Yang menginpirasi upaya pemberdayaan kaum perempuan melalui wadah kelompok tani wanita, guna mengembangkan potensi desa untuk kesejahteraan anggota dan warga, “jelas Abdul Muiz dalam keterang tertulisnya.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan keterangan dirinya, bahwa saat ini produk Rosella sudah dikemas dengan kemasan yang apik dan mulai dikenal oleh masyarakat luas.
“Kami turut mendoakan semoga rintisan usaha budidaya Rosella ini bisa menjadi penopang ekonomi dimasa pandemi Covid 19 khusunya di Hegarmanah Desa Ciparay Kecamatan Jampang Kulon, “terangnya.

Sebelumnya, kelompok wanita Tani (KWT) Hegar Manah, Desa Ciparay Kecamatan Jampang Kulon, memperkenalkan budidaya tanaman rosella. Awalnya warga membudidayakan tanaman tersebut hanya untuk di konsumsi sendiri. Namun pihak BPP Jampangkulon dan PEMDES Ciparay melihat, ada potensi karya warga desa.

Diketahui, manfaat bunga rosella, diantaranya bisa dikonsumsi untuk obat herbal, anti virus, mencegah kangker, Melancarkan pencernaan, magh akut, osteoporosis, obesitas. Tanaman rosella merah ini berasal dari benua afrika, namun telah menyebar luas dan dibudidayakan di hampir seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. Bunga rosella ini yang dimanfaatkan adalah kuncup bunganya yang belum mekar kemudian diambil ekstraknya atau sarinya.(hnd/adv)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.