Wisata Gunung Padang Dikembangkan dengan Duit Rp 18 Miliar

Replika pembangunan Gunung Padang di Pasir Domas Cianjur

RADARSUKABUMI.com – Wisata Gunung Padang nampaknya bakal jadi destinasi wisata andalan Kabupaten Cianjur. Seiring pembangunan jalur KRL, dan akses tol. Kemarin, para anggota DPRD Provinsi kembali menantang Kabupaten Cianjur untuk merancang Situs Megalitikum itu membawa magis bagi para wisatawan termasuk tambahan anggarannya.

Kedatangan para anggota DPRD Provinsi Jawa Barat itu menggelar Citra Bhakti untuk memonitor program-program yang sudah dikucurkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat serta menampung aspirasi kelembagaan yang akan diusulkan ke Pemprov Jabar.

Bacaan Lainnya

Pada kunjungan tersebut, DPRD Jabar memfokuskan pembahasan mengenai situs Gunung Padang. Saat pembahasan rapat tersebut, mengupas segala permasalahan Gunung Padang. Hingga akhirnya, semua sepakat untuk terus membangun hingga maksimal tanpa menghitung peraturan yang tumpang tindih.

“Tadi kita membahas mengenai Gunung Padang, semua fraksi sepakat bahwa Gunung Padang harus dibangun dengan maksimal. Karena selama ini, ada peraturan yang harus dibangun hanya oleh pusat. Nah di sini kita membuat terobosan provinsi menyanggupi untuk pembangunan nanti sampai mana,” ujar Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Ade Barkah.

Bahkan, pihaknya pun menantang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur mengenai anggaran yang akan digelontorkan agar Gunung Padang bisa ramai. Pasalnya, hal tersebut dikaitkan dengan akan ramainya dengan akses jalan tol, jalur kereta api yang mulai dibangun hingga Bandung dan jalur puncak dua akan mulai dicanangkan.

“Bahkan tadi dari salah satu anggota menantang perlu biaya berapa Pemkab Cianjur supaya Gunung Padang rame. Karena kan nanti Cianjur akan ramai dengan berbagai akses transportasi,”paparnya.

Bahkan pihaknya sudah menggelontorkan anggaran Rp18 miliar untuk pembebasan lahan seluas 11 hektar dan saat ini sedang masa proses. “Untuk tahun depan saya tantang kepada pak bupati dan pak yudi usulkan dana secukupnya berapa, kita semua fraksi sudah sepakat,” ungkapnya.

Angaota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat dari fraksi PKB, Asep Suherman ikut mengapresiasi dan mendorong anggaran pembangunan pada tahun 2020 untuk fasilitas dan Prasarana pendukungnya, sehingga dapat meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat sekitar Gunung Padang juga dapat meningkatkan PAD Cianjur.

“Sebagai orang Cianjur dan dari dapil Cianjur saya sangat mendukung dan mengapresiasi untuk pembangunan yang akan dilakukan di Situs Gunung Padang, pembangunan berupa fasilitas, sarana dan prasarana seperti homestay, teater untuk pergelaran seni budaya lokal dan lainnya, sehingga wisatawan yang datang baik lokal, nasional ataupun mancanegara betah dan nyaman datang ke Cianjur,” tuturnya.

Sementara itu, Kadisparpora Kabupaten Cianjur, Yudi Pratidi mengatakan, tujuan kunjungan DPRD Provinsi Jawa Barat memfokuskan kepada kondisi pengembangan Gunung Padang.

“Dari hasil kunjungan tadi, bahwa pemerintah khususnya DPRD Provinsi Jabar akan membantu mendukung untuk pengembangan destinasi ini. Kami dari Disparpora akan bersinergi untuk mengembangan destinasi wisata ini,” tutupnya.

(kim/RC/izo/rs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *